Ilustrasi (Foto: Livestrong)

Waduh! Ternyata Tak Disarankan Makan Kerang dan Daging Sebelum Minum Kopi, Kenapa?

Sabtu,26 Agustus 2017 - 09:40:42 WIB | Di Baca : 2002 Kali

Riauaktual.com - KETIKA ditanya mengenai apa minuman favoritmu, pasti banyak orang menjawab kopi. Ya, kopi memang merupakan salah satu minuman favorit karena cita rasanya yang khas.

Tak jarang orang minum kopi karena suka menghirup aromanya. Aroma kopi memang memiliki efek tersendiri untuk menenangkan pikiran.

Beberapa orang yang suka minum kopi karena ingin mendapatkan manfaatnya. Kopi terbukti bisa menjadi stimulan karena mengandung kafein. Bila kopi dikonsumsi paling tidak 250 mg per hari, maka bisa membawa efek tetap terjaga.

Tetap terjaga membuat seseorang lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi. Karena itulah banyak orang yang minum kopi saat merasa ngantuk.

Tapi, ada juga orang yang minum kopi pada waktu tertentu. Sebagai contoh, saat sedang makan. Minum kopi sambil mengonsumsi makanan sebenarnya bukan hal baik untuk dilakukan. Walaupun menurut seorang ahli gizi tidak masalah minum kopi sambil mengonsumsi makanan lain, tapi kopi mengandung kafein yang bisa menghambat penyerapan nutrisi. Hal ini bisa membawa efek negatif pada orang tertentu.

Kita ambil contoh pada orang anemia. Orang yang terkena anemia membutuhkan banyak asupan zat besi agar jumlah darahnya kembali stabil. Zat besi itu bisa didapatkan dari makanan yang ia konsumsi.

Akan tetapi, walaupun dia sudah mengonsumsi makanan yang kandungan zat besinya tinggi, apabila minumnya kopi akan menjadi sia-sia sebab kopi menghambat penyerapan zat besi. Dengan begitu orang tersebut akan tetap kekurangan darah. Maka dari itu tidak disarankan meminum kopi setelah makan.

Menurut dokter spesialis gizi, dr Eva Kurniawati, M.Gizi SpGK, nutrisi lain yang bisa terhambat penyerapannya oleh tubuh karena konsumsi kafein adalah kalsium, seng, non heme, dan vitamin B.

"Jadi, hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung empat nutrisi tersebut sebelum meminum kopi," papar dr Eva sebagaimana dikutip dari Okezone melalui pesan singkat, Jumat 25 Agustus 2017.

Selain menghambat penyerapan nutrisi, minum kopi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium bisa meningkatkan kadar kalsium pada urine. Hal itu bisa membuat tubuh kekurangan kalsium. Menurut dr Eva, makanan yang sebaiknya dihindari sebelum minum kopi antara lain produk susu dan olahannya, tiram, kerang, daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan vitamin B.

Hal lain yang perlu diingat, kopi mengandung kafein yang bisa membuat jantung berdebar dan menimbulkan rasa mual. Untuk itu batasi konsumsi kopi setiap harinya agar tidak berlebihan.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com