Inilah Susana Keramaian di Hari ke Tiga Arena Pacu Jalur, Kuansing

Inilah Susana Keramaian di Hari ke Tiga Arena Pacu Jalur, Kuansing
pengunjung memadati lokasi pacu jalur ditepian Narosa Teluk Kuantan.

Riauaktual.com - Meski arus lalang tempat pacu jalur disesaki ribuan manusia, namun tidak menyurutkan niat masyarakat untuk menyaksikan gelaran tahunan tersebut.

Seperti sore ini, Jum'at (25/8/2017) dari pantauan Riauaktual.com masyarakat tetap berjibun datang, dihari ketiga pelaksanaan pacu jalur.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari Kuansing, tapi dari berbagai daerah di Riau, bahkan dari Medan, Jambi, Palembang, Sumatra Barat, dan ada juga datang dari Pulau Jawa.

Banyaknya pengunjung yang datang ke Kuansing, membuat semua unsur disibukkan untuk menata situasi keramaian, baik itu dari Polisi, Dishub, Satpol PP, TNI, semuanya dipersiapkan untuk menjaga keramaian pacu jalur.

Ditiap tiap titik personil ini ditempatkan, bahkan disiagakan dengan senjata lengkap, termasuk Brimob juga didatangkan dari Provinsi untuk pengamanan suasana pacu jalur.

Para personil ini disiagakan untuk mewanti wanti situasi keramaian seperti tindak kejahatan dari pelaku yang memanfaatkan situasi keramaian.

Seperti salah seorang pengunjung dari Jawa Timur, Mas Yanto, saat wartawan bincang bincang dengannya, diarena pacu jalur mengatakan, bahwa tradisi pacu jalur ini, katanya, patut dipelihara kelastriannya, karena tanpa diundang masyarakat tetap antusias untuk menyaksikannya.

"Salut aku mas, ini tradisi yang luar biasa, saya pernah browsing diinternet lihat artikelnya, tradisi ini berusia ratusan tahun dan tetap lestari, tentunya peran masyarakat tidak terlepas menjaganya," ungkapnya.

Untuk pelaksanaan pacu jalur itu sendiri untuk hari ketiga ini, dilaksanakan dua kali putaran, menyisakan 13 buah jalur masuk kehari final. (Joko)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index