Nih Langkah Jitu untuk Mendapat Beasiswa di Luar Negeri!

Nih Langkah Jitu untuk Mendapat Beasiswa di Luar Negeri!

Riauaktual.com - Ratusan program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di dalam negeri maupun luar negeri selalu tersedia setiap tahunnya.

Melalui beasiswa ini, kamu bisa melanjutkan pendidikan di Swiss, Amerika, Belanda, Singapura, dan negara-negara dengan prestasi pendidikan mentereng lainnya dengan biaya yang murah hingga gratis.

Namun, untuk meraih kenikmatan tersebut, harus melalui perjuangan yang tak mudah. Pasalnya, kamu harus bersaing dengan jutaan orang di luar sana demi mendapat tiket emas untuk meraih beasiswa tersebut.

Nah, berikut ini ada deretan tips jitu yang diberikan oleh peraih beasiswa-beasiswa terkemuka. Tips tersebut sebagaimana dikutip dari Okezone dari Top Universities, Kamis (24/8/2017).

Ajukan lebih awal

Peluang beasiswa adalah kesempatan emas. Karena itu, lebih baik kamu tidak menunda-nunda untuk mengajukan aplikasi beasiswa-mu. Seorang peraih beasiswa QS-IE University Scholarship Alexis Csizmazia mengatakan, kunci suksesnya meraih beasiswa tersebut karena mengajukannya lebih awal. "Semakin awal kamu mengajukan beasiswa, maka kamu semakin mudah mendapatkannya," kata Alexis.

Cek laman resmi universitas

Bila kamu ingin kuliah gratis di Oxford, misalnya, teruslah memeriksa laman resmi atau situs web mereka untuk mencari peluang beasiswa. Biasanya, situs-situs resmi universitas akan memberikan kamu informasi lengkap terkait bantuan dana pendidikan yang disediakan universitasnya. Doris Fang, seorang peraih beasiswa QS Connect Masters 2015 menyarankan kamu untuk mencari peluang beasiswa melalui situs universitas yang kamu inginkan.

"Biasanya, situs resmi universitas akan memberi banyak informasi terkait beasiswa, bantuan keuangan, dan pendanaan lainnya," kata Fang.

Cari informasi beasiswa alternatif

Peraih beasiswa biasanya tak hanya terpaku oleh informasi yang disediakan situs universitas yang dia inginkan. Sebab, yang terpenting bukanlah tempat di mana ia harus belajar, melainkan belajar itu sendiri yang terpenting. Oleh sebab itu, peraih beasiswa QS-Manchester Business School Thuy Phamova Thanh mengatakan betapa pentingnya mencari beasiswa alternatif selain dari universitas yang kamu inginkan.

"Riset adalah kuncinya. Informasi beasiswa bisa kamu temukan melalui komunikasi dengan orang lain, perpustakaan, internet, dan sumber-sumber lainnya," katanya.

Perhatikan topik esai

Setelah kamu menemukan program beasiswa yang cocok dan "kamu banget", perhatikanlah syarat yang diajukan termasuk topik esai. "Luangkanlah waktu untuk menganalisis topik esai pada aplikasi beasiswa kamu," saran penerima beasiswa QS-IE University Scholarship Salimatou Balde.

Minta bantuan orang lain membaca aplikasi beasiswa kamu

Demi menghindari salah ketik atau typo dalam esai maupun surat pengajuan beasiswa kamu, sebaiknya kamu membaca ulang aplikasi-mu. Telitilah. Minta bantuan orang lain untuk membaca aplikasi beasiswa kamu dan mintalah saran agar aplikasi beasiswa-mu mendekati sempurna. "Aplikasi beasiswa saya menjadi bagus setelah meminta bantuan mata jeli orang lain untuk memeriksa aplikasi beasiswa saya," kata Stephen Jarvis, peraih beasiswa Academic Excellence.

Atur waktumu!

Untuk mengajukan beasiswa kamu membutuhkan waktu yang tak sedikit. Pasalnya, kamu diwajibkan melampirkan dokumen-dokumen penting dan harus mengerjakan esai yang topiknya sudah ditentukan pihak pemberi beasiswa. Oleh sebab itu, manajemen waktu sangatlah penting. "Beri tanda di kalender untuk mengingat tenggat waktu dan pastikan kamu mengirim semua dokumen yang diminta," kata Valentina Sandulova, peraih beasiswa QS EDHEC-Business School Scholarship.

Ia juga menyarankan bagi pelamar beasiswa untuk bersabar dan tak menyerah mengajukan aplikasi beasiswa. "Pastikan kamu mengatur dengan baik sehingga kamu bisa memenuhi syarat-syarat yang diajukan tanpa melewati tenggat waktu," tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index