foto : OtoManiac

Ini Untungnya Jika Produksi Motor Listrik di Indonesia

Kamis,24 Agustus 2017 - 01:03:58 WIB | Di Baca : 3762 Kali

Riauaktual.com - Pemerintah terus menyerukan para pelaku industri otomotif baik roda dua maupun roda empat agar secepat mungkin memproduksi kendaraan listrik, Lantas apa keuntungan yang didapat jika membuat kendaraan listrik bagi produsen motor di Indonesia?

Dalam hal ini Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Elmate) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, ada beberapa keuntungan jika melakukan produksi motor listrik secara lokal.

"Kita berikan insentif sepeda listrik (motor listrik) yang lebih tinggi untuk yang membuat sepeda listrik (motor listrik) di dalam negeri," ujarnya kepada wartawan, di ICE BSD, Tangerang.

Selain itu, keuntungan lainnya jika ada keperluan belanja pemerintah terkait komponen atau kendaraan listrik, maka yang akan diutamakan untuk mencarinya adalah para produsen yang melokalisasi kendaraan lsitriknya.

"Kalau dia buat di dalam negeri dengan lokal konten yang cukup tinggi, akan dimasukan ke dalam eCatalogue di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), sehingga kalau pemerintah belanja, dia akan mengutamakan belanja disitu," pungkasnya, sebagaimana dikutip dari detikoto.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Perindsutrian (kemenperin) telah mematok target pada 2025 sudah ada 20 persen populasi kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan tersebut nantinya akan tergabung dalam jenis kendaraan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com