Capaian Kinerja Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Meningkat

Capaian Kinerja Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Meningkat

Riauaktual.com - Pencapaian kinerja program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk BPJS kesehatan kantor BPJS cabang Pekanbaru, yang mencakup Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Rohul terus mengalami peningkatan. Sampai 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS sudah mencapai 1.738.613 jiwa.

''Data ini termasuk didalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Pekanbaru, melalui program Jamkesda sebanyak 42.839 jiwa. Pelalawan sekitar 11.930 jiwa, Kampar sekitar 35.000 jiwa dan Pemda Rohul sekitar 20.258 jiwa," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Eddy Martadinata pada acara publik expose capaian kinerja BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru, Selasa (22/08/17) kemarin.

Menurut Eddy, pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini sudah ada sekitar 276 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), terdiri dari 85 Puskesmas, 37 dokter praktik perorangan, 17 dokter praktik gigi perorangan, 137 klinik pratama.

''Selain itu BPJS juga telah bekerjasama dengan 40 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), Terdiri dari 36 rumah sakit (Termasuk didalamnya 4 klinik utama), 40 apotek, serta 16 optik,'' jelasnya.

Dikatakan, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut. Selama ini masyarakat melakukan pendaftaran di kantor cabang BPJS, kantor layanan kabupaten/kota, website dan bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Namun kini pendaftaran bisa dilakukan melalui care center 1500-400, sistem dropbox di kantor kecamatan, beberapa kantor kelurahan, beberapa rumah ibadah, PPOB/mitra kerja BPJS kesehatan, mobile customer service (dipasar-pasar).

Kemudian bisa juga melalui kader JKN serta melalui aplikasi mobile JKN dan ditempat pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling. Sekarang dikembangkan dengan membuka point of service dipusat perbelanjaan. Seperti Plaza Suzuya. Dan Partner Relation Officer, seperti DPW Partai Politik dan sekretariat komunitas.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmennya dalam menyukseskan program JKN-KIS. Kita akui peran Pemda sangat diharapkan dalam mengoptimalkan Program JKN-KIS terutama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS," harapnya.

Selain itu, ditambahkannya, dalam upaya pencapaian target semesta BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru juga menyebar drop box di kantor camat dan kantor lurah serta ditempat-tempat ibadah. Dan khusus untuk Kabupaten Pelalawan, telah dibentuk Tim atau LO untuk mengejar target kepersertaan yang saat ini peserta Jamkesdanya masih ada dikellolah pihak pemerintah daerah. (az)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index