5 dari 8 City Car Menurun Penjualannya

5 dari 8 City Car Menurun Penjualannya

Riauaktual.com - Meski saat ini jenis mobil yang bisa dibeli di Indonesia cukup banyak ragamnya, namun hanya beberapa saja yang laris dibeli konsumen.

Dari tahun ke tahun, mobil yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle (MPV) atau mobil keluarga selalu menempati urutan pertama penjualan tertinggi.

Sementara itu, meski mobil jenis city car modelnya cukup banyak, namun peminatnya terlihat tidak bertambah secara signifikan.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan city car pada Juli 2017 hanya sebanyak 3.140 unit. Jauh lebih rendah dibandingkan dengan Low MPV yang mencapai 16 ribuan unit.

Parahnya lagi, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ada lima model mobil perkotaan yang mengalami penurunan penjualan.

Contohnya Nissan March, yang sebelumnya laku 300-an unit, pada Juli hanya terjual 64 unit. Begitu pula dengan Toyota Etios, dari 71 unit pada Juni menjadi 32 unit pada bulan selanjutnya.

Mitsubishi Mirage juga mengalami penurunan penjualan, namun angkanya tidak banyak. Dari 257 unit pada Juni menjadi 227 unit pada Juli.

Sementara itu, ada tiga model city car yang laku lebih banyak di bulan ketujuh tahun ini. Suzuki Ignis dan Honda Brio naik sekitar 300 unit, sedangkan Daihatsu Sirion naik 100 unit.

Berikut daftar angka penjualan mobil perkotaan pada Juli 2017, sebagaimana dikutip dari viva.co.id :

Suzuki Ignis: 1.578 unit

Honda Brio: 1.019 unit

Mitsubishi Mirage: 227 unit

Daihatsu Sirion: 150 unit

Nissan March: 64 unit

Toyota Etios: 32 unit

Hyundai i10: 8 unit

KIA Picanto: 1 unit

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index