Pakai Pakaian Adat Terbaik Saat Peringatan Hut RI, Ketua DPD Dapat Hadiah Sepeda Dari Presiden

Pakai Pakaian Adat Terbaik Saat Peringatan Hut RI, Ketua DPD Dapat Hadiah Sepeda Dari Presiden

Riauaktual.com - Ketua DPD RI, Oesman Sapta, menghadiri upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 di Istana Presiden. Selain Oesman Sapta dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, presiden Indonesia ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono, BJ Habibie, menteri, dan petinggi negara lainnya. Mayoritas tamu undangan terlihat mengenakan baju adat atau busana daerah.

Penggunaan baju adat atau pakaian tradisional tersebut memang telah diagendakan sebelumnya. Dimana dalam memperingati upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72, membawa semangat nasionalis dan kebhinnekaan. Sehingga tamu undangan diharapkan untuk mengenakan busana daerah.

Salah satu hal yang menarik dalam upacara ini adalah adanya pembagian sepeda oleh Presiden Jokowi. Biasanya Presiden Jokowi membagikan sepeda melalui sebuah lomba kepada anak-anak sekolah, tapi kali ini Presiden Jokowi membagikan sepeda kepada tamu undangan. Sebanyak lima orang yang mengenakan busana pakaian daerah terbaik dipilih oleh Presiden Jokowi untuk mendapatkan satu sepeda.

Ketua DPD, Oesman Sapta adalah salah satu tamu undangan yang membawa pulang sepeda. Oesman Sapta yang menggunakan pakaian adat Minangkabau Sumatera Barat dinilai oleh Jokowi sebagai salah satu tamu undangan yang mengenakan pakaian daerah terbaik, sehingga mendapatkan hadiah satu unit sepeda.
 
“Saya surprise saja, tidak menyangka Presiden tertarik dengan baju adat saya. Ternyata saya lebih ganteng dari semua,” kata Oesman, usai acara.

Oesman Sapta menjelaskan bahwa pakaian yang dia gunakan berasal dari pakaian adat para datuk Minangkabau di Sumatera Barat. “Gelar adat saya Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo, dari Nagari Sulit Air, di Kabupaten Solok,” jelasnya.

Selain Oesman Sapta, empat orang yang turut membawa pulang sepeda dari Jokowi adalah Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly yang mengenakan pakaian adat Nias, Ajudan Kepresidenan, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian Tri Suswati, dan salah satu pegawai Istana Kepresidenan. (Rr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index