Ini Tiga Provinsi Paling Bahagia di Indonesia Menurut BPS

Ini Tiga Provinsi Paling Bahagia di Indonesia Menurut BPS

Riauaktual.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melansir provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Kepala BPS Ketjuk Suhariyanto mengatakan ada tiga provinsi dengan tingkat kebahagiaan paling tinggi, dimana ketiganya berbatasan dengan laut.

Untuk provinsi dengan peringkat kebahagiaan tertinggi di negeri ini, Provinsi Maluku Utara berada di urutan teratas dengan angka 75,68. Disusul Provinsi Maluku dengan 73,77, kemudian Sulawesi Utara dengan nilai 73,69.

"Tiga provinsi itu cenderung ke provinsi yang kepulauan, Maluku Utara, Maluku, dan Sulawesi Utara. Sepertinya mereka bahagianya lebih kepada yang musiknya bagus," kata Ketjuk sebagaimana dikutip dari sindonews, Kamis (17/8).

Ia menjelaskan bahwa di Maluku Utara yang membuat penduduknya bahagia adalah karena mereka bisa memaknai arti hidup. Nilai-nilai kearifan lokal yang menegaskan pemaknaan akan arti hidup dan kepuasaan hidup membuat provinsi ini dinilai paling bahagia.

"Kepusaan hidupnya dari sisi personal bagus. Dari pendapatan sosialnya juga bagus sehingga menjadi sangat bahagia," kata dia.

Sementara untuk tingkat kebahagiaan paling rendah terjadi di Papua dengan angka  67,52; Sumatra Utara 68,41; dan Nusa Tenggara Timur 68,98. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat kesehatan dan pendidikan di sana yang berdampak pada psikologis masyarakatnya.

"Ketika kita pergi ke Papua di sana kebahagiaannya paling rendah. Hal ini bisa dipahami di sana karena sub dimensinya personal, berkaitan dengan pendidikan, pendapatan, kesehatan dan kondisi rumah, dan sebagainya itu yang mempengaruhi apa yang terjadi di Papua, Sumatra Utara dan NTT," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index