Kunci Setang Motor ke Kanan, Cara Ampuh Cegah Motor Dicuri?

Kunci Setang Motor ke Kanan, Cara Ampuh Cegah Motor Dicuri?
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Motor-motor yang diparkir di sembarang tempat menjadi sasaran empuk para maling motor. Baru-baru ini beredar pesan berantai soal tips agar motor tidak terlalu gampang digasak memakai kunci T.

Katanya agar maling tidak mudah membongkar kunci, baiknya pengguna motor mengunci motor dengan setang ke arah kanan, bukan ke kiri seperti biasanya.

Berikut pesan berantai sebagaimana dikutip dari detikOto:

"Sekedar babagi ilmu ...Kalo parkir motor jenis metik, Beat, Vario yg bukan di tempat parkir khusus , untuk kunci stang jangan arah kiri, harus stangnya arah kanan, gunamya supaya stang dapat menutupi lobang kunci kontak agar kunci liter T yg sering digunakan para maling terhalang stang dan ini sdh terbukti ... SILAHKAN DIBAGI UNTUK KAWAN SMUA ILMUNYA .... Selamat mencoba," demikian isi pesan berantai.

Penasaran detikOto menanyakan hal ini pada yang jual motor, PT Astra Honda Motor. Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya mengatakan pada dasarnya posisi rumah kunci kontak semua merk dan tipe sepeda motor matic dan bebek di sebelah kanan dengan tujuan agar lebih membuat ergonomis pengendara saat memasukkan dan memutar anak kunci.

"Sepeda motor Honda type matic dan bebek memakai rumah kunci kontak yang dilengkapi dengan teknologi "Key Shutter" yang dapat ditutup untuk mengamankan atau mempersulit memasukkan kunci lainnya," ujarnya.

Jadi sebenarnya tidak usah lagi Anda memutar setang ke kanan, karena Honda mengklaim sistem kunci mereka sudah mempersulit gerak maling. Namun Thomas menegaskan, jika memang pengguna motor mau mengunci setang ke kanan, silakan saja.

"Silakan Pak hal tersebut menjadi pilihan bagi konsumen ya," ujarnya.

Untuk merek Honda seperti Honda BeAT memang bisa dikunci ke kanan setangnya. Tapi untuk skuter lain, ada juga yang tidak bisa dikunci ke kanan, tetap harus di kiri.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index