Lampu PJU boros, DPRD Pekanbaru Berikan Solusi ini

Lampu PJU boros, DPRD Pekanbaru Berikan Solusi ini
ilustrasi

Riauaktual.com - Pembayaran listrik membengkak, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, disarankan bekerjasama dengan pihak swasta dalam pengadaan lampu hemat energi untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) saat ini di Kota Pekanbaru.

Menurut kalangan DPRD Pekanbaru, perlu strategi teknik untuk memaksimalkan penggunaan lampu jalan saat ini, salah satunya dengan cara bekerjasama dengan pihak swasta.

"Banyak pihak swasta yang mau berinvestasi dan memeterisasi semua lampu jalan," ucap Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel, Rabu (16/08/17).

Dengan sistem meterisasi, tagihan lampu jalan katanya akan jauh lebih terukur. Pembayaran tidak lagi borongan yang terus ditagih oleh pihak PLN.

"PJU yang ada semuanya diganti dengan lampu LED hemat energi. Sudah banyak pihak swasta yang mau bekerjasama karena sudah ada payung hukumnya," ungkapnya.

Menurut Roni lagi, dengan menggunakan lampu LED ini, pemerintah bisa berhemat 40 hingga 50 persen dalam tagihan. Semua biaya pemasangan lampu LED akan ditanggung oleh pihak swasta.

"Pihak swasta yang akan mengganti semua PJU yang ada dengan lampu hemat energi, pemerintah hanya tinggal menghitung berapa kelebihannya setiap bulan. Jika biasanya tagihan bisa mencapai Rp 6 miliar, sekarang bisa jadi Rp 3 miliar," jelasnya.

Menurutnya, sudah banyak daerah di Kabupaten/Kota yang menggunakan penerapan tersebut. Daerah seperti Kuansing, Dumai menggunakan penerapan sistem lampu hemat energi.

"Persoalan ini sudah saya sampaikan, apakah karena dalam kondisi keuangan yang lagi sakit, saya juga kurang paham. Padahal lampu hemat energi ini biayanya jauh sangat ringan," tandasnya. (bir)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index