Minim Pemasukan, Pemko Pekanbaru Kembali Pangkas Anggaran Sebesar Rp 400 Miliar

Minim Pemasukan, Pemko Pekanbaru Kembali Pangkas Anggaran Sebesar Rp 400 Miliar
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Tidak tanggung-tanggung, tahun ini Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru kembali memberlakukan kebijakan efisiensi atau pemangkasan anggaran sekitar Rp 400 Miliar.

Hal ini diakui langsung oleh, Plh Sekda Pekanbaru, Azwan, ketika ditemui, Senin (14/8) mengatakan bahwa Pemko Pekanbaru akan menargetkan untuk melakukan pemangkasan anggaran yang sudah terlanjur dianggarkan dalam APBD sekitar 400 Miliar.

“Tahun ini anggaran semua OPD akan dipangkas sekitar 30 % sesuai instruksi Walikota karena minimnya pemasukan,” kata Azwan.

Menurut Azwan, untuk anggaran yang akan dipangkas tersebut, akan diseleksi kembali sesuai skala prioritasnya. Prinsipnya anggaran kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat tidak turut dipangkas.

“Kita buat skala prioritas mana kegiatan yang mesti tetap dilaksanakan dan mana yang bisa ditangguhkan,” jelasnya.

Azwan menambahkan, jika tidak ada kendala. Awal minggu ini Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama Tim Anggaran Panitia Daerah (TAPD) akan melaksanakan rapat terbatas membahas evaluasi pendapatan Pemko Pekanbaru.

“Bila nanti ternyata masih ada potensi pendapatan yang memungkinkan untuk menambah pemasukan bagi kas daerah tentu efisiensi anggaran juga akan dikurangi,” tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index