Smartphone lama atau jadul (Gambar Cnet.com)

Jangan Jual Atau Simpan Smartphone Jadul Anda

Senin,14 Agustus 2017 - 00:42:05 WIB | Di Baca : 21472 Kali
Riauaktual.com - Smartphone yang sudah usang atau jadul biasanya dijual atau disimpan di lemari Anda. Karena Anda sudah memiliki smartphone yang lebih canggih atau lebih keren lagi. Tetapi sebenarnya smartphone tersebut masih bisa digunakan tetapi karena model dan fiturnya sudah ketinggalan maka pengguna biasanya tidak lagi menggunakan smartphone tersebut.
 
Sebenarnya smartphone tersebut masih bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat dan juga membantu produktivitas. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan smartphone lama atau jadul Anda : 

 

  1. Kamera atau Video Recorder. Kalau biasanya smartphone digunakan untuk berbagai keperluan maka smartphone jadul Anda bisa digunakan khusus untuk kamera atau video recorder. Tapi tentunya memori internal atau memori eksternalnya harus ditambah karena bisa menyimpan gambar dan video lebih besar. 
  2. Alarm atau Foto Album. Smartphone jadul Anda bisa digunakan untuk keperluan lain yakni bisa digunakan sebagai alarm atau foto album yang ditempatkan di dekat tempat tidur Anda. Sehingga smartphone ini masih bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif. 
  3. eReader. Jika Anda sering membaca e-book atau buku elektronik maka smartphone jadul Anda bisa digunakan sebagai eReader. Sehingga layaknya buku Anda bisa memanfaatkan smartphone tersebut hanya untuk membaca saja.
  4. Remote TV. Untuk smartphone yang memiliki fitur IR blaster tinggal download aplikasi remote control seperti AnyMote SmartRemote atau Sure Universal TV Remote. Anda bisa menggunakan smartphone tersebut untuk remote TV berbagai merek. 
  5. GPS. Jika memiliki smartphone jadul yang sudah tidak dipakai alangkah baiknya digunakan sebagai GPS untuk kendaraan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau Waze pada perangkat Anda. Sehingga Anda bisa dengan nyaman saat berkendara di daerah yang belum Anda kenal sebelumnya. 
  6. Pemutar Musik. Smartphone jadul Anda bisa digunakan untuk pengganti iPod atau MP3 Player. Smartphone ini dikhususkan untuk mendengarkan musik favorit Anda saat santai di kamar atau di perjalanan. 
  7. CCTV. Smartphone jadul Anda bisa digunakan untuk CCTV atau kamera pengintai. Apalagi Anda memiliki bayi atau anak yang masih kecil. Smartphone ini disambungkan dengan akses wifi sehingga Anda bisa memonitor bayi atau anak Anda dimana saja kapan saja. 
  8. Mainan Anak. Anak-anak biasa menggunakan smartphone orang tuanya untuk bermain game. Nah smartphone jadul Anda bisa dimanfaatkan untuk mainan anak dengan mengunduh game-game khusus anak dan mematikan akses Wifinya sehingga anak hanya bisa mengakses game yang ada di perangkat tersebut. 

Itulah beberapa manfaat dari smartphone lama Anda, sehingga smartphone jadul tersebut masih bisa digunakan dan bermanfaat untuk aktivitas Anda.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com