BMKG: Gempa 6,4 SR Gonjang Bengkulu

BMKG: Gempa 6,4 SR Gonjang Bengkulu
ilustrasi

Riauaktual.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menganalisis gempa yang terjadi di pesisir barat Bengkulu. Gempa itu disebut berkekuatan 6,4 skala richter (SR), sebelumnya disebut 6,6 SR.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 6,4 SR terjadi dengan koordinat episenter pada 3,68 LS dan 101,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 km arah barat daya Kota Ketaun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu pada kedalaman 58 km," ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangannya, Minggu (13/8/2017).

Gempa yang terjadi pada pukul 10.08 WIB itu tidak berpotensi tsunami. Namun guncangan gempa sempat membuat warga panik.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Dampak gempa bumi berdasarkan shakemap dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Bengkulu, Bengkulu Utara, dan Kepahiang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (V MMI). Guncangan juga dirasakan di Lubuk Linggau, Bengkulu Selatan, Kerinci, Liwa dalam skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI). Sementara di Pariaman, Tua Pejat, Mentawai, Pesisir Selatan, Padang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI), termasuk Padang Panjang, Bukit Tinggi, Paya Kumbuh dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI)," ucap Riyadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menyebutkan bila warga sempat berlarian ke luar rumah. Namun, dia mengimbau agar warga tetap tenang dan tak terpengaruh isu terutama tsunami karena gempa itu tak berpotensi tsunami.

"Warga berhamburan lari keluar. Kepada masyarakat di wilayah pesisir Bengkulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Daryono dalam keterangan terpisah.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index