Tutupi Uban Tanpa Perlu Mengecat Rambut

Minggu,13 Agustus 2017 - 06:47:39 WIB Di Baca : 18156 Kali

Riauaktual.com - Rambut memutih merupakan proses alami yang pasti Anda lalui ketika memasuki usia 30-an. Hal ini terjadi karena penurunan pigmen yang memberi warna rambut yang disebut dengan melanin.

Namun, bagi mereka yang tidak percaya diri dengan munculnya uban, ada banyak produk ditawarkan di pasaran untuk menutupi uban. Tapi, perawatan ini bisa menghilangkan minyak alami rambut.

Untuk menghindari hal ini, ada cara yang lebih aman untuk menutupi uban dengan bahan yang ada di rumah. Berikut ini adalah sederet bahan alami murah yang dapat digunakan untuk menutupi uban seperti dilansir laman Times of India.

Kulit Kentang

Kentang mengandung zat tepung yang tinggi. Dengan kandungan ini, kulit kentang bisa menjadi pewarna alami untuk meningkatkan warna rambut Anda. Bahan alami ini secara perlahan bisa menutupi uban Anda dalam periode beberapa bulan.

Caranya, kumpulkan kulit kentang dan rebus dengan dua cangkir air. Dinginkan air rebusan ini sekitar 10 menit. Setelah dingin, siramkan ke rambut Anda. Basahi setiap helai rambut, dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air.

Mentega

Bahan ini bisa menutrisi rambut Anda dan mengembalikan warna alaminya. Pijat kepala Anda menggunakan mentega, diamkan selama satu jam. Lalu cuci seperti biasa. Ulangi pemakaian dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kopi

Penggunaan rutin kopi bisa menutup uban secara signifikan, dan membuatnya terlihat alami serta sehat. Belilah kopi hitam tanpa penambah warna dan rasa. Campurkan 2-3 sendok kopi (tergantung dari panjang rambut Anda) dengan 100-150 mililiter air.

Didihkan campuran tersebut sampai Anda mendapatkan cairan yang hitam dan pekat. Biarkan mendingin dan usapkan merata ke rambut Anda. Diamkan campuran itu di rambut hingga sekitar 45 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Amla

Vitamin C dalam buah ini mengandung bahan restoratif yang ampuh bagi pertumbuhan rambut. Amla merupakan bahan utama dalam berbagai produk pewarna rambut, jadi bahan ini sangat baik untuk mewarnai rambut Anda. Dengan kandungan melanin yang tinggi, amla bisa memperlambat proses munculnya uban dan menambah volume rambut Anda.

Campurkan bubuk amla dengan minyak kelapa. Panaskan hingga minyak mulai mendidih. Biarkan mendingin sedikit, lalu aplikasikan pada rambut, dan diamkan selama 30-40 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Perhatikan juga bahwa jumlah campuran harus proporsional dengan panjang rambut Anda.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...