Siapkan Pensiun dengan Langkah dan Kiat Ini!

Siapkan Pensiun dengan Langkah dan Kiat Ini!
Pendapatan ketika pensiun akan hilang (foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Siapa yang tak ingin masa tuanya bahagia. Bebas dari pemikiran serta kerepotan masalah keuangan saat usia sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja keras. Ada hal utama yang harus dipersiapkan sebelum memasuki usia 50 tahun atau lebih, yaitu dana pensiun.

Tidak semua orang menyadari akan pentingnya mempersiapkan rencana pensiun. Beberapa mungkin merasa bahwa kariernya sedang cemerlang, pemasukan yang cukup bahkan berlimpah. Sampai-sampai saat sedang produktif, malah melupakan bahwa pensiun adalah sama dengan mewujudkan masa tua yang tenang dan bahagia.

Bila saat ini usia Anda 30 tahun, pemikiran pensiun mungkin terasa masih jauh. Tapi, bila usia sudah sampai 40 tahun, sebaiknya harus mulai segera menata diri. Anda bisa mempersiapkan diri untuk memasuki masa pensiun seperti yang diulas berikut ini.

Mempersiapkan Masa Pensiun

Dalam perencanaan keuangan jangka panjang, persiapan pensiun adalah salah satu yang harus dibuat. Saat pensiun tiba, apalagi bila tubuh masih segar dan sehat, bisa jadi apa yang diinginkan sama dengan yang diinginkan ketika berada pada masa produktif.

Agar masa pensiun tenang dan seluruh kebutuhan terpenuhi, cobalah terapkan langkah-langkah berikut ini sebagai langkah mempersiapkan rencana pensiun.

1. Persiapkan Anak-Anak Sejak Dini

Hal pertama yang paling mengganggu bila akan memasuki masa pensiun adalah saat anak-anak masih belum bisa mandiri. Atau kalaupun anak sudah punya penghasilan, tapi masih butuh bantuan dari orang tua.

Persiapkan anak sedini mungkin agar mampu menghadapi hidup dan menyelesaikan persoalannya secara mandiri. Caranya, bekali anak-anak dengan pendidikan dan pengetahuan tentang hidup mandiri.

2. Rundingkan tentang Dana Pensiun Bersama Pasangan

Langkah berikutnya adalah rundingkan tentang dana pensiun bersama pasangan. Ini karena pada masa tua, hendaknya anak sudah mandiri dan tak lagi bergantung dengan orang tua. Demikian juga, orang tua tentu tidak mengharapkan sama sekali pemberian dari anak.

Karena itu, bersama pasanganlah nantinya waktu pensiun akan dilewati. Ada baiknya persiapkan secara matang, sedini mungkin satu tabungan khusus dana pensiun yang akan digunakan sebagai simpanan masa pensiun nanti.

3. Pensiun Bukanlah Masa Liburan

Masa pensiun bukanlah masa liburan. Kita bisa jadi masih akan tetap merasa perlu beraktivitas seperti masa muda dan produktif. Ada juga orang yang berpikir untuk pindah ke tempat lain yang lebih tenang guna menikmati masa pensiun yang bahagia.

Mencari ketenangan ketika masuk masa pensiun adalah impian yang sangat wajar. Tapi, kadang dari beberapa pengalaman, ada juga orang yang tak bisa kerasan dan ujung-ujungnya kembali ke kota dengan segala keramaian yang ada. Pikirkan masak-masak apa yang akan dilakukan saat masa pensiun tiba, jangan sampai bosan dan tidak bahagia.

4. Bersiaplah dengan Investasi

Persiapan pensiun identik dengan investasi sejak dini. Karenanya, mulailah berpikir untuk berinvestasi sejak masih masa produktif. Dana inilah yang akan dipakai untuk menghadapi masa pensiun nantinya. Pilih investasi dengan risiko paling kecil, tetapi punya kemungkinan tumbuh lebih pasti.

5. Saat Masa Pensiun Tiba, Pilih Investasi yang Lebih Sederhana

Memasuki masa pensiun, uang dari hasil investasi inilah yang diharapkan masih bisa dikelola dalam bentuk investasi lain yang lebih sederhana. Tetaplah berinvestasi, tetapi cobalah untuk pilih yang teknis kelolanya lebih sederhana.

6. Jaga Kesehatan, Nikmati Masa Pensiun dalam Keadaan Bahagia

Banyak orang memasuki masa pensiun dengan kondisi fisik yang mulai menurun. Hal demikian bisa terjadi karena banyak hal, seperti pada saat masa muda bekerja terlalu keras atau malah karena gaya hidup yang tidak benar. Jaga kesehatan mulai dari sekarang sebelum masuk masa pensiun. Ingatlah, kesehatan adalah investasi yang tidak akan ternilai harganya.

Masa pensiun tenang dan bahagia bukanlah satu hal yang datang otomatis seiring bertambahnya usia. Orang harus menyadari bahwa umur bisa saja tua, tetapi kondisi kesehatan finansial dan lainnya mungkin saja tidak berbanding lurus.

Ubah Pola Pikir ke Hal Positif Bisa Mendukung Persiapan Pensiun Anda

Harapan bisa merasakan pensiun yang damai tentu saja dimiliki semua orang. Dan jalan pertama yang harus ditempuh tentu saja mempersiapkannya sejak masih muda. Ini penting karena masa muda adalah fondasi masa tua yang tidak bisa ditawar-tawar.

Karena itu, selagi masih produktif hal yang harus diubah adalah pola pikir. Sebab tidak selamanya orang akan tetap kuat dan mampu menjalani hidup seperti saat berusia 20-40-an. Cobalah untuk bijaksana sejak muda. Selain itu, terapkan kiat dasar berikut ini.

1. Jangan Boros

Usahakan untuk selalu mengatur keuangan dengan bijak. Pastikan bahwa pos kebutuhan lebih besar daripada pos keinginan. Apalagi pada zaman ketika konsumsi terasa tinggi seperti sekarang ini.

2. Perhatikan Gaya Hidup

Mungkin karier cemerlang, gaji cukup, keinginan terpenuhi maksimal, tapi apa artinya saat masuk masa tua lalu jatuh sakit. Karenanya, perhatikan gaya hidup sedari muda. Mulailah menekan dan mengurangi kebiasaan buruk, kurangi dan cegah merokok, jauhi hal merusak tubuh lainnya, termasuk alkohol atau begadang yang berlebihan.

3. Mulai dan Fokuslah pada Investasi

Gunakan pendapatan lebih besar sebagai investasi. Mulailah belajar berinvestasi sejak muda agar uang yang terkumpul lebih banyak. Karena itu, hindari konsumsi terlalu tinggi dan pemborosan adalah sikap yang bijak. Ini tentu supaya tersisa dana pensiun nantinya.

Selagi Masih Muda, Arahkan ke Sesuatu yang Produktif

Berjuang pada masa muda tentu lebih baik ketimbang harus terlunta-lunta kala masa tua tiba. Ini sama artinya dengan mempersiapkan diri agar masa pensiun bahagia. Namun, bila tidak dijalankan dari sekarang, akan menjadi angan-angan belaka.

Ini tentunya yang harus disadari. Jangan sampai menyia-nyiakan waktu. Pastikan bahwa setiap detik yang dilewati bisa mengarah pada sesuatu yang produktif dan membawa hasil positif pada diri sendiri dan keluarga.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index