Plt Kadis Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra

Pemko Pekanbaru Sediakan Smart Card Secara Gratis

Jumat,11 Agustus 2017 - 11:02:49 WIB Di Baca : 2850 Kali

 

 

Riauaktual.com - Dalam rangka menjadikan Pekanbaru menuju kota cerdas, Pemko Pekanbaru terus meningkatkan Inovasi secara cepat dan akurat. Salah satunya, Pemko akan meluncurkan Smart Card (Kartu Cerdas)  Bahkan, dalam smart card ini banyak manfaat yang didapatkan.  Seperti untuk meningkatkan pelayanan, menabung dan untuk pembayaran non tunai.

Menggunakan kartu ini masyarakat tidak akan lama mengantri saat transaksi untuk pembayaran serta pelayanan. Demikan dikatakan Plt Kadis Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra.

"Banyak sekali manfaat kartu cerdas ini. Selain itu,  kartu ini juga  memiliki beberapa fitur sesuai dengan keinginan bank yang memberikan layanan tersebut, " ujar Eka, sebagaimana dikutip dari kominfo, Jumat.

Diterangkan Eka, dalam beberapa hari lagi pemko akan melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak bank untuk mencetak kartu cerdas tersebut Bahkan, pada tanggal 17 Agustus nanti, maka kartu cerdas itu akan di launching perdana. Dalam launching tersebut, ada beberapa unit kartu cerdas yang dicetak pihak bank.

"Kita akan keluarkan kartu cerdas pada 17 Agustus nanti. Semoga pada tahap awap ini,  kartu itu akan bisa digunakan oleh masyarakat dan ASN. Sebab kartu cerdas ini banyak sekali manfaatnya," ungkap Eka.

Ditambahkan Eka, selain itu kartu cerdas ini untuk pelayanan, namun kartu cerdas ini bisa digunakan sebagai kartu transaksi pembayaran ,sehinga pengunaannya lebih mudah dan praktis.

"Kedepannya kartu cerdas ini targetnya akan dicetak untuk 1 juta orang. Sementara itu, untuk fitur dan layanannya pihak bank lah yang akan menyediakan. Semoga target 1 juta orang ini di Pekanbaru bisa mendapatkan kartu cerdas ini. Sehingga apapun transaksi yang dilakukan baik untuk pelayanan , pembayaran semakin cepat, tepat dan mudah " ujar Eka.

Eka menambahkan,  pengunaan kartu cerdas ini tidak hanya bisa digunakan di Pekanbaru,  akan tetapi sudah bisa digunakan juga di seluruh Indonesia.

"Kartu cerdas ini penganti ATM. makanya bisa digunakan dimana saja. Oleh sebab itu,  kartu cerdas ini harus ada di tangan, sehingga jika melakukan transaksi akan mudah dan nyaman. Selain itu, kartu cerdas yang aktif ini sudah bekerjsama dengan pihak bank, maka akan mendapatkan discount, baik di tempat perbelanjaan dan supermarket," sebut Eka.

Eka melanjutkan, sementara untuk mendapatkan kartu cerdas ini tidak susah. Hanya menyerahkan nomor NIK dan kartu keluarga. "Jadi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kartu cerdas ini siapkan NIK dan kartu keluarga. Sementara itu untuk prosesnya pihak bank yang akan melakukannya," terang Eka.

Lebih jauh Eka menjelaskan, semua prosesnya selesai maka pihak bank yang sudah bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru akan membuat konter-konter mesin untuk transaksi.

"Layanan konter itu nantinya akan dibuat di bank, puskesmas,  kantor camat,  lurah,  pasar, di mal-mal serta di tempat keramaian lainnya. Dengan begitu masyarakat yang akan melakukan transaksi semakin cepat,  nyaman dan efesien. Kemudian kegunaan kartu cerdas ini bisa mengurangi  kebocoran, karena tidak mengunakan uang tunai lagi," ujar Eka.

Terakhir Eka menyebutkan, untuk mendapatkan kartu cerdas ini tidak mengeluarkan biaya alias gratis. "Prosesnya mudah dan jika hanya untuk digunakan sebagai pelayanan tidak ada biaya. Namun, jika ada tambahan seperti fitur untuk menabung serta program lainnya,  maka  pihak bank yang akan memprosesnya,"  tutup Eka.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...