Kadisdik Riau Berencana Ubah Pola Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi

Kadisdik Riau Berencana Ubah Pola Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi
H Rudyanto

Riauaktual.com - Agar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Provinsi Riau yang ikut pada seleksi ditingkat nasional bisa mengukir prestasi, kedepan Kepala Dinas Pendidikan Riau H Rudyanto berencana akan mengubah pola seleksinya.

"Kita tidak ingin setiap tahunnya mengikuti lomba tenaga pendidik dan kependidikan berprestasi itu hanya sekedar ikut-ikutan dalam artian asal mengirim utusan sudah. Yang kita inginkan itu pendidik dan tenaga kependidikan Provinsi Riau ini juga mampu berperstasi ditingkat nasional," tegas Rudi, Kamis (10/8) dikantornya.

Rudi menjelaskan, selama ini sangat jarang pendidik atau tenaga kependidikan Provinsi Riau yang berlomba ditingkat nasional mampu mengukir prestasi, padahal untuk mengirim mereka berlomba ditingkat nasional tersebut mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit.

Karena itu kedepan menurutnya yang pertama sekali dibenahi adalah dewan juri yang melakukan penilaian dalam seleksi ditingkat Provinsi. Lalu para guru yang mewakili sekolah dari Kabupaten dan Kota juga akan dilakukan seleksi lebih ketat lagi, sehingga yang dikirim benar-benar guru berprestasi disekolah atau di Kabupaten/Kota.

"Harus dilihat seberapa banyak prestasinya disekolah, sekolah dalam mengirim pendidik atau tenag kependidikan untuk mengikuti lomba juga harus berdasarkan kenyataan, bahwa yang dikirim itu adalah pendidik atau tenaga kependidikan yang berprestasi," tegasnya lagi.

Artinya, lanjut Rudi, jangan sampai pengiriman tersebut berdasarkan kedekatan atau faktor lainnya. Selain itu dari segi penguasaan bahasa seperti bahasa Inggris harus dimiliki oleh pendidik atau tenaga kependidikan berprestasi, serta hal lainnya.

"Karena sekali lagi saya menginginkan yang dikirim ketingkat nasional itu adalah guru atau pendidik dan tenaga kependidikan Provinsi Riau yang berkualitas, mampu bersaing dengan mereka dari Provinsi-Provinsi lainnya di Indonesia, hingga pulang bisa mengukir prestasi," ungkapnya.

Untuk memperbaiki atau mengubah pola tersebut, Rudi berencana secepatnya akan melakukan pertemuan dengan jajaran, terutama yang berkaitan dengan selksi pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi ini. (nik)      

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index