Pelihara Kelestarian Budaya, DKKS Ciptakan Tari Tak Tendut

Kamis,10 Agustus 2017 - 12:52:12 WIB | Di Baca : 3102 Kali

Riauaktual.com - Tak Tendut adalah salah satu jenis lagu dalam bentuk irama yang dimainkan melalui musik tradisonal calempong sebagai pembuka lagu setelah lagu Kadidi. Di Kabupaten Kuantan Singingi, lagu tak tendut ini tersebar diseluruh Wilayah Rantau Kuantan, namun memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk melestarikan dan menyatukan kebergaman lagu tak tendut tersebut, Dewan Kesenian Kabupaten Kuantan Singingi (DKKS) mengaplikasikannya dengan mengemas dalam sebuah seni tari, yang diciptakan oleh seluruh guru kesenian se Kuansing.

Hal ini dikemukakan oleh Ketua Dewan Kesenian Kecamata Pangean, Patrius Novendra, S.sn kepada Riauaktual.com saat menggelar latihan bersama, di Gedung Narosa, Teluk Kuantan, kamis (10/8/2017)

"Biasanya untuk penciptaan tari, dalam satu hari clear, ini berkaca pada penciptaan tari tari sebelumnya," ungkap Patrius Novendra, S.sn.

Diciptankannya tari ini, kata Novendra merupakan bentuk kepedulian terhadap musik tradisonal. "Sebagai jati diri anak Negeri, Rantau Kuantan, sudah sepatutnya kita melestarikan dan mengembangkannya," katanya.

Usai penciptaan tari ini, terang Novendra, perdana, tari tak tendut, akan ditampilkan disanggar seni, ditaman Jalur, "kemudian juga direncanakan akan ditampilkan dalam pembukaan pacu jalur," pungkasnya. (Joko)

 

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com