KIT Batal Masuk Daftar Kawasan Strategis Nasional

KIT Batal Masuk Daftar Kawasan Strategis Nasional

Riauaktual.com - Kawasan Industri Tenayan (KIT) batal masuk daftar proyek strategis nasional. Hal ini sesuai dengan hasil pertemuan Walikota Pekanbaru, Firdaus dengan Kementerian Perindustrian RI.

 

Menurut Kementerian Perindustrian, proyek strategis nasional ditujukan untuk pembangunan kawasan yang sama sekali belum memiliki sarana infrastruktur penunjang atau berbeda dengan kondisi KIT sekarang.

"Tadinya kita ingin bisa masuk dalam proyek strategis nasional namun dalam penjelasan Kementerian itu ditujukan untuk kawasan yang sama sekali belum memiliki sarana infrastuktur, sehingga butuh dukungan percepatan pembangunan infrastuktur dari pemerintah pusat," kata Firdaus MT kepada wartawan, Selasa kemarin.

Dilanjutkan Wako, untuk Pemko Pekanbaru, Kementerian Perindustrian menyarankan agar melakukan pembangunan kawasan dengan konsep B2B (Business To Business) dengan pengelolaan kawasan dibawah BUMD.

"Dengan konsep B2B pemerintah daerah diberi kewenangan penuh untuk mengeluarkan perizinan dan tidak mesti lagi berhubungan dengan pusat," cakapnya.

Business to Business (B2B) merupakan suatu bisnis yang menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau lebih perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa B2B merupakan transaksi yang dilakukan antar perusahaan.

Dengan Keunggulan Layanan B2B diantaranya hemat waktu dan praktis, efektif dan efisien dan keuntungannya besar mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar. (dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index