Atasi Banjir

Pemko Pekanbaru Bersama Kementerian PUPR RI Berencana Bangun Sistem Drainase Air Bawah Tanah.

Pemko Pekanbaru Bersama Kementerian PUPR RI Berencana  Bangun Sistem Drainase Air Bawah Tanah.

Riauaktual.com - Dewasa ini Kota Pekanbaru sudah semakin maju dan berkembang. Namun hal ini tidak sejalan dengan pembangunan infrastruktur yang memadai. Hal ini dapat dilihat dari rawannya banjir yang kerap melanda Kota Bertuah, jika musim penghujan tiba.

Untuk melakukan penanganan banjir tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI akan menyiapkan rencana induk pembangunan "water tunnel" atau sistem drainase air bawah tanah.

Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus mengatakan, bahwa Kota Pekanbaru saat ini memang sangat membutuhkan sistem drainase induk. Hal ini mengingat pembangunan yang terjadi saat ini sudah sangat pesat.

"Pekanbaru memang sangat membutuhkan tiga sistem drainase sebagai jawaban perkembangan Kota yang cukup pesat," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Firdaus, sistem drainase ini terdiri dari drainase induk yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR, drainase kolektor oleh Pemerintah Provinsi Riau serta lingkungan dari Pemerintah Kota Pekanbaru. Drainase tersebut nantinya tidak akan berfungsi sebagai pengendali banjir, melainkan juga sarana distribusi pipa air bersih, listrik, telekomunikasi dan gas.

"Selama ini sistem air masih terjadi di pinggir jalan, tidak teratur bentuknya," jelasnya.

Menurut Firdaus, pembahasan untuk pembangunan saluran drainase induk yang merupakan bagian Kementerian PUPR masih terkendala pada pembuatan rencana induk atau master plan. Master plannya, sekitar 50 persen yang sudah diselesaikan.

"Kita akan terus selesaikan ini, mudah-mudahan tahun ini selesai dibahas bersama-sama," katanya.

Lanjutnya, semua wilayah di Kota Pekanbaru direncanakan akan mendapat bagian pembangunan saluran air bawah tanah ini. Terutama di Kecamatan Pekanbaru Kota, Lima Puluh, Senapelan, Payung Sekaki, Bukit Raya, Marpoyan Damai dan sebagian Tampan.

"Pemko Pekanbaru akan mulai menjalin komunikasi secara intensif dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Kementerian PUPR sehingga pembangunan sistem drainase dapat berjalan dengan baik," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index