Foto : Internet

Waspada Jika Pedal Kopling Bergetar Saat Diinjak

Selasa,08 Agustus 2017 - 08:35:05 WIB | Di Baca : 11935 Kali

Riauaktual.com - Pengguna kendaraan dengan transmisi manual masih menggunakan pedal kopling untuk dapat memindahkan gigi percepatan pada transmisi.

Setiap kali perpindahan gigi, tentu harus menginjak pedal kopling, sehingga pelat kopling dan perangkat pendukungnya bekerja cukup keras.

Apalagi bila mobil sering digunakan pada jalur yang macet, di mana kerap kali menginjak dan melepas pedal kopling.

Pada kondisi lain, seperti di jalur tanjakan yang macet, biasanya juga akan membuat kinerja dari pelat kopling dan cover kopling (pressure clutch) lebih berat.

Salah satu keluhan pada kopling antara lain pedal kopling yang bergetar. Hal ini dapat dirasakan ketika lepas pedal kopling pada saat awalan mobil mulai bergerak.

Namun saat perpindahan gigi ketika mobil sedang berjalan, getaran di pedal kopling cenderung berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Getaran pada pedal kopling akan mengurangi kenyamanan pengguna dan dapat mempercepat kelelahan pada kaki pengemudi. Selain itu, komponen kopling juga bisa rusak dan membuat mobil berhenti bergerak.

Dilansir dari Astraworld, Selasa 8 Agustus 2017, ada beberapa penyebab komponen yang dapat menyebabkan pedal kopling bergetar, yaitu:

1- Permukaan fly wheel atau roda gila yang tidak rata, sehingga saat berputar dan bersinggungan dengan pelat kopling tidak bergesekan dengan seluruh permukaannya.

2- Pegas dari matahari (cover clutch) yang sudah melemah, sehingga menyebabkan getar yang merambat sampai di pedal kopling.

3- Pegas di pelat kopling yang sudah merenggang atau melemah.

4- Kekencangan baut pada cover clucth yang tidak merata.

Jika pengemudi mengalami pedal kopling bergetar, sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel untuk diperiksa. Karena merupakan bagian dari mesin, maka proses pengerjaannya akan memakan waktu paling cepat setengah hari.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com