Datang dari Berbagai Daerah, 4.464 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Masuk UIR

Senin,07 Agustus 2017 - 18:23:15 WIB Di Baca : 7634 Kali

Riauaktual.com - Ribuan calon mahasiswa mengikuti seleksi ujian masuk Universitas Islam Riau (UIR) gelombang II yang dilaksanakan selama dua hari yang dimulai sejak Senin (7/8/2017). Total jumlah mahasiswa yang mengikuti tes tersebut mencapai 4.464 peserta.

Menurut Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi, MCL, total calon mahasiswa yang masuk UIR baik pada gelombang I dan Gelombang II ini mencapai 7.648 peserta. Pada gelombang I mendaftar sebanyak 3.126 peserta. Seleksi masuk telah dilaksanakan pada tanggal 5 sampai tanggal 6 Juni 2017 lalu.

Gelombang II peserta mendaftar sebanyak 4.464 peserta yang terdiri dari kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 3.173 peserya yang mengikuti ujian masuk pada Senin (7/8/2017) dan kelompok Ilmu Pengetahuan Alama (IPA) 1.291 peserta, dan akan mengikuti seleksi masuk pada hari Selasa (8/8/2017) besok.

Bagi kelompok IPS akan mengikuti tes tertulis tentang Pengetahuan Dasar Agama Islam, Pengetahuan Dasar Sosial, Teks kemampuan akademik dan tes pengetahuan dasar sosial dan budaya. Sedangkan bagi kelmpok IPA tes dilakukan untuk Pengetahuan Dasar Agama Islam, Pengetahuan Dasar Sosial, Teks kemampuan akademik, dan tes tentang Pengetahuan sain dan teknologi (Saintek).

Pengumuman kelulusan sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus, Jum'at pekan ini memalui surat kabar, atau mahasiswa bisa melihat di pendaftaran online spmb.uir.ac.id. bagi mahasiswa yang lulus bisa langsung mencetak bukti lulus dan melakukan daftar ulang.

"Tadi kita tinjau seluruh gedung tempat pelaksanaan ujian, kita lihat semuanya berlangsung tertib dan aman. Mudah-mudahan nanti begitu juga pada hari kedua besok," kata Rektor UIR Syafrinadi usai melakukan peninjauan pelaksanaan ujian masuk UIR Senin (7/8/2017) bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Syafhendri, Wakil Rektor Bidang Admisnistrasi dan Keuangan Asrol, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Rosyadi.

Syafrinal melihat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk masuk UIR. Hal ini dikatakannya tidak terlepas dari upaya seluruh program studi dan fakultas yang terus menerus meningkatkan mutu.


"Kita telah berupaya keras, seperti di prodi atau fakultas untuk meningkatkan mutu prodinya. Buktinya akreditasi kita terus meningkat. Dari 39 Prodi lima prodi sudak akreditasi A dan Insha Allah akan menyusul beberapa Prodi lagi yang akan dapat A, terus yang prodi terakreditasi B itu sebanyak sebanyak 30 Prodi. Jadi hanya dua prodi yang masih C karena mereka masih baru, sementara prodi lainnya merupakan prodi yang baru kita buka tahun ini," jelas Syafrinaldi.

Sementara itu, pantauan pada hari pertama tes masuk UIR, terlihat para peserta ujian tidak hanya datang sendiri. Banyak dari mereka diantar oleh orang tua mereka. Pada umumnya mereka yang ditemani oleh orang tuanya tersebut adalah mereka yang berasal dari luar kora dan luar provinsi Riau.

Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Idofi, dia datang dari Medan untuk mengantar anak yang mendaftar di prodi Majamen ikut tes masuk UIR. Muhammad Idofi mengaku, anaknya memilih UIR karena mendapat informasi dari temannya dan dari media online.

"Anak saya itu ingin kuliahnya di UIR, dia sendiri yang memilih. Kebetulan teman dia ada di UIR, keluarga juga banyak di sini jadi dia banyak dapat informasi tentang UIR ini," kata Mohamad Idofi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Syahrudin dari Bagansiapiapi, dia menemani anaknya yang memilih prodi ilmu hukum. Menurut Syahrudin, anaknya tertarik masuk fakultas hukum karena akreditasinya sudah A.

"Dari awal dia milih jurusan hukum UIR, sebab dia dapat informasi dari teman dia, kalau mau kuliah hukum jurusan hukum bagus masuk UIR karena akreditasinya sudah A," kata Syahrudin. (Dr)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com