Kota Pekanbaru minim dengan RTH, DPRD: Perlu dibangun setiap Kecamatan

Kota Pekanbaru minim dengan RTH, DPRD: Perlu dibangun setiap Kecamatan
Dua RTH yang ada di Kota Pekanbaru,

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman SH MH, melihat saat ini Kota Pekanbaru, minim dengan sarana Ruang Terbuka Hijau (RTH). Pemanfaatan RTH dinilai sangat penting, mengingat Kota Pekanbaru memiliki suhu tropis yang sangat tinggi.

"Meskipun sekarang ini ada RTH Putri Kaca Mayang dan RTH Tunjuk Ajar Integritas, Pemko Pekanbaru harus menambah di setiap Kecamatan. Karena RTH ini diminati masyarakat," kata Sondi, saat dikonfirmasi, Senin (07/08/17).

Politisi Partai PAN itu beralasan, pemanfaatan RTH di dua titik saat ini sangat antusias. Lokasi hibah dari Pemprov Riau ini, selalu ramai dikujungi. Sering terlihat di aktivitas pada malam hari.

"Lihat saja kunjungan masyarakatnya, bisa dipantau sendiri. Paling ramai pada malam hari. Apalagi di waktu libur. Adanya RTH itu tata hijau juga banyak manfaatnya dan fungsinya," terangnya.

Dengan RTH di setiap Kecamatan, setidaknya Pemko Pekanbaru, mengurangi polusi udara dan panas dengan suhu yang sangat extrim di Pekanbaru saat ini.

"Kalau RTH ini ada disetiap titik kecamatan, polusi udara yang dikeluarkan melalui kendaraan dapat diserap melalui tanaman hijau yang ada di RTH," ungkapnya.

Dia berharap, Pemko Pekanbaru dapat bersinergi dengan perusahan swasta yang ada di Pekanbaru. Mengingat, peran swasta diperlukan untuk membantu kelancaran fasilitas umum kedepannya.

"Seperti Chevron bisa membantu masyarakat Rumbai membuat RTH di daerah Rumbai. Surya Dumai Group, Sinar Mas, RAPP, bila perlu RTH nanti dibuat tulisan sumbangan dari perusahaan swasta yang membangun," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index