Selamat Datang Jamaah Indonesia di Tanah Haram!

Selamat Datang Jamaah Indonesia di Tanah Haram!
(Jamaah Haji Indonesia (Foto: Rani Hardjanti))

Riauaktual.com - Waktu menunjukkan pukul 00.22 WAS. Langit kota Makkah masih gulita. Namun, aktivitas di Jumum atau tempat cek poin jamaah haji dari Madinah sangat sibuk.

Ya, di Jumum itulah sejumlah jamaah dari berbagai negara telah memasuki kota Makkah, termasuk jamaah Indonesia.

Rencananya, 9 bus yang mengangkut 393 jamaah haji Indonesia kloter 1 asal Embarkasi Medan, akan masuk secara berkala. Jumum sendiri terletak 15 km dari kota Makkah.

Hingga saat ini, Minggu (6/8/2017), pukul 00.31 WAS sudah tiba 3 bus jamaah. Seperti yang terjadi pada aktivitas di bus pada pintu 8, sejumlah jamaah tampak menggunakan baju ihram.

"Alhamdulillah, kami sudah miqat di Bir Ali," kata DE Rizal Sitorus, sebagaimana dikutip dari okezone.

Sementara Rosmawati Dualay mengatakan, perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih 6 jam dari Kota Nabi, dirasa nyaman. "Semuanya baik-baik," ujarnya.

Melewati jalan umum merupakan salah syarat yang harus dilakukan oleh jamaah untuk memasuki Kota Makkah. Pengecekan dokumen paspor dilakukan oleh Arab Saudi yang dikoordinir oleh petugas haji Indonesia.

Di tempat itu pula, jamaah haji mendapatkan minum dan kue. Jamaah akan bertolak ke hotel untuk selanjutnya melakukan ibadah Umrah. Selamat datang tamu Allah SWT di Kota Makkah.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index