Foto: Dok UNY

Hebat, Mahasiswa Ciptakan Sabun Anti Bau Kaki dari Kulit Jeruk

Kamis,03 Agustus 2017 - 09:01:42 WIB Di Baca : 2443 Kali

Riauaktual.com - Inovasi mahasiswa Indonesia seakan tak ada habis-habisnya. Mulai dari inovasi teknologi, medis, hingga makanan. Tak jarang, inovasi yang diciptakan tersebut sengaja untuk mengatasi permasalahan sehari-hari.

Salah satu inovasi unik tersebut diciptakan oleh sekelompok mahasiswa di Yogyakarta. Inovasi tersebut berupa sabun anti bau kaki yang memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan dasarnya.

Inovasi yang diberi nama Cakil alias Cabun Cikil tersebut digagas oleh tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka adalah Riska Sri Hidayanti, Khoirul Bariyyah, dan Eva Kurnia Sari. Ketiganya menyulap limbah kulit jeruk menjadi sabun anti bau.

Salah satu mahasiswa, Riska mengatakan, Cakil tersebut merupakan inovasi untuk menghilangkan bau di telapak kaki yang diakibatkan oleh produksi keringat berlebih.

"Kulit jeruk mengandung asam nitrat yang dapat menetralkan keasaman pada kulit terutama pada bagian telapak kaki, sehingga dapat megurangi bau pada kaki," kata Riska seperti dilansir dari laman UNY, Kamis (3/8/2017).

Mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tersebut menjelaskan, bau tidak sedap dari kaki disebabkan oleh produksi keringat di telapak kaki. Kondisi kaki yang lembab, lanjut Riska, memicu perkembangan bakteri Actinimycetes yang membuat telapak kaki menjadi bau.

"Lebih parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jamur pada kuku. Itu bisa membuat sebagian orang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri," terang Riska.

Oleh sebab itu Riska bersama rekan-rekannya membuat sabun dari kulit jeruk berbentuk bunga matahari. Selain untuk mengatasi masalah bau kaki yang kerap terjadi pada beberapa orang, sabun Cakil-nya tersebut juga bisa meningkatkan nilai ekonomis kulit buah jeruk.

Untuk saat ini, Riska menambahkan, pemasaran sabun Cakil-nya telah dilakukan secara lisan dan melalui media online. "Sebagian besar mengatakan bahwa produk sabun ini unik dan kreatif," akunya.

Riska dan tim juga berharap bahwa produk sabunnya bisa bermanfaat dan ampuh dalam mengatasi bau kaki yang selama ini menjadi masalah kebanyakan orang.

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...