Jangan Diulang! Hindari Simpan Tomat, Bawang & Roti dalam Lemari Es

Jangan Diulang! Hindari Simpan Tomat, Bawang & Roti dalam Lemari Es
Cara simpan bawang (Foto:Yahoo)

Riauaktual.com - Menyimpan bahan makanan dengan cara benar akan memperpanjang masa simpannya. Satu alat yang paling diandalkan banyak orang adalah lemari es, padahal nyatanya tidak semua makanan bisa bertahan lama jika disimpan dalam lemari pendingin ini.

Dilansir dari Epicurious, Selasa (1/8/2017) beberapa makanan seperti tomat, bawang, roti dan lain sebagainya ternyata tidak akan berumur panjang jika disimpan dalam lemari es.

Tomat

Tomat akan membusuk dengan cepat jika disimpan dalam lemari es. Secara perlahan kualitas tomat akan menurun dimulai dari teksturnya yang akan lembek berair hingga rasanya yang juga akan menjadi hambar. Tempat paling tepat untuk menyimpan buah tomat adalah di atas meja makan bersuhu ruang.

Bawang bombay

Bawang bombay utuh juga sangat bermusuhan dengan suhu rendah lemari es. Menyimpan bawang bombay dalam lemari es akan membuatnya cepat berjamur dan kehilangan tekstur renyah yang khas. Lain halnya dengan irisan bawang yang memang sebaiknya disimpan dalam lemari es, tapi jangka waktunya tidak terlalu panjang karena bawang iris cepat kehilangan aroma dan rasanya.

Bawang putih

Menyimpan bawang putih dalam lemari es sama saja seperti membiarkannya tumbuh bertunas. Ya, suhu rendah dalam lemari es membuat bawang putih cepat mengeluarkan tunas hijaunya. Apalagi jika terlalu lama disimpan maka teksturnya akan menjadi kenyal dan cepat berjamur.

Roti

Menyimpan roti dalam lemari es memang bisa menghindarinya cepat tumbuh jamur tapi roti justru akan kering dan tidak lembut lagi saat dimakan. Jika memiliki banyak stok roti, sebaiknya simpan dalam freezer, roti beku akan bertahan hingga berbulan-bulan tapi tentu jangan mengharapkan teksturnya tetap lembut.

Kentang

Kentang goreng atau mashed potato memang bisa jadi makanan andalan saat lapar tiba-tiba melanda. Tapi menyimpan kentang sebagai stok makanan di lemari es bukanlah ide baik. Pada suhu dingin, pati kentang akan berubah menjadi gula sehingga kentang akan sangat berlemak dan tidak enak dimakan. Sebagai solusi, simpan kentang dalam kantong pembungkus dari kertas.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index