Ingin Sampaikan Aspirasi Tolak Impor Garam, Menko Perokonomian Tolak BEM UR Berdiolog

Ingin Sampaikan Aspirasi Tolak Impor Garam, Menko Perokonomian Tolak BEM UR Berdiolog
Gubri hadiri Seminar Nasional Kemitraan Strategis untuk Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di H Pangeran

Riauaktual.com - Presiden Badan Ekeskutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UR) ngotot ingin bertemu Menko Perekonomian Darmin Nasution usai mengisi acara seminar nasional kemitraan strategis untuk pengembangan ekonomi kerakyatan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang ditaja Ikatan Sarjana Indonesia (ISEI) di Hotel Pangeran, Senin (31/7/17).

Maksud keinginan mahasiswa berjumpa Menko Perekonomian tersebut, terkait dengan aspirasi untuk menyampaikan penolakan terkait kebijakan pemerintah pusat yang mengimpor garam.

"Kalau ada aspirasi kasih aja dengan staf saya," ucap Darmin kepada mahasiswa tanpa memberi sedikit pun waktu kepada mahasiswa dengan langsung menutup pintu mobil Alfard bernomor RI 18.

Mahasiswa sempat mengintip kaca mobil sambil mengatakan bahwa dirinya ingin bertemu membicarakan soal impor garam, yang dinilai tak etis. Karena menurutnya kebijakan impor garam tersebut justru semakin membuat petani menjerit.

Namun Menko Perekonomian ini tak menggubris. Mobil RI 18 ini pun tetap berlalu. "Sebenarnya banyak yang ingin kami sampaikan dengan Menteri. Tapi sepertinya niat baik kami tak dianggap. Soal garam impor inikan harusnya tak terjadi. Kenapa kita negara Indonesia yang akan potensi garam justru malah mengimpor," kata Presiden BEM UR, Rinaldi Pare-pare bersama sejumlah mahasiswa lainnya.

Disamping itu, Rinaldi juga mengkritis sikap pemerintahan pusat yang dipimpin Joko Widodo, dengan pin plan. Karena dulu berjanji memberlakukan harga bahan bakar sesuai pasaran, tapi gilirian turun malah tak turun-turun.

Begitu juga kebijakan menaikan tarip listrik, juga dipandang terlalu membebani masyarakat, khususnya eknomi menengah ke bawah. "Apa yang disampaikan menteri tadi dalam bahwa perekonomian kita baik sangat bertolak belakang. Petani kita sejahtera, pengangguran seperti disampaikan Menteri Tenaga Kerja juga tidak sesuai dengan kenyataan," ujar Rinaldi lagi.

Darmin Nasution sendiri saat memaparkan ‎pikirannya dihadapan pelaku usaha, ekonom dan pejabat di Pemprov Riau yang hadir banyak bercerita soal perekonomian di Indonesia yang dinilainya cukup baik, dalam menghadapi situasi perekonomian saat ini.

Darmin juga banyak bercerita soal langkah-langkah yang dilakukan pemerintah pusat agar Indonesia tak lagi jatuh ke krisis moneter seperti pada 1998 silam. Karena itu, penguatan usaha, khususnya di kalangan menengah kebawah terus diupayakan.

Selain itu, infrastruktur untuk menunjang berkembangnya perekonomian juga dilakukan. Baik itu jalan, jembatan, pertanian. (yai)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index