Waduh! Pilot ini Lupa Menarik Masuk Kembali Roda Pesawatnya

Waduh! Pilot ini Lupa Menarik Masuk Kembali Roda Pesawatnya
Ilustrasi pesawat Air India (airindia.in)

Riauaktual.com -  2 Orang pilot di India berbuat kesalahan yang fatal. Mereka lupa untuk menarik masuk kembali roda pesawat sesaat setelah lepas landas. Mungkin, mereka lelah.

Insiden yang melibatkan 2 orang pilot dari maskapai Air India ini memang terdengar tidak masuk akal, tapi benar adanya. Sebagaimana dikutip dari hasil himpunan detikTravel dari pemberitaan beberapa media internasional, Minggu (30/7/2017), 2 orang pilot ini diketahui berjenis kelamin perempuan.

2 Orang pilot wanita yang tidak disebutkan identitasnya ini diketahui memimpin penerbangan pesawat Airbus A320. Pesawat tersebut dijadwalkan terbang dari Kolkata menuju ke Mumbai, India pada Sabtu (22/7) lalu.

Namun di tengah perjalanan, pesawat ini secara ajaib kehabisan bahan bakar. Padahal pesawat A320 ini didesain sangat efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Dengan terpaksa, pesawat berbadan lebar itu pun harus mengubah rute dan mendarat darurat di Nagpur, karena bahan bakarnya tidak cukup untuk meneruskan perjalanan ke Mumbai.

Usut punya usut, rupanya 2 pilot ini membuat kesalahan yang amat fatal. Roda pesawat yang seharusnya dimasukkan kembali selepas take off, lupa mereka masukkan. Sepanjang perjalanan dari Mumbai, roda pesawat Airbus A320 yang mereka piloti, tetap menggantung di luar.

Tentu saja ini berdampak kepada masalah aerodinamis dan konsumsi bahan bakar pesawat. Pesawat Airbus A32O naik ke ketinggian dengan amat sangat lambat akibat roda pesawat yang masih menggantung di luar.

Situs penerbangan Airlive melaporkan, pesawat ini akhirnya levelled out (melanjutkan terbang konstan) di ketinggian 24.000 kaki, karena tidak bisa lagi naik ke ketinggian yang lebih tinggi lagi. Padahal, pesawat Airbus A32O ini biasa terbang pada ketinggian 37.000 kaki dengan kecepatan 230 Knot, selama kurang lebih 1,5 jam.

Sang pilot baru menyadari kesalahannya saat akan mendarat di Nagpur. Saat hendak mendarat, dia baru bahwa landing gear mereka dari tadi sudah berada di luar pesawat.

Oleh maskapai Air India, 2 orang pilot wanita ini pun digrounded sebagai hukuman atas kelalaian yang dilakukannya. Beruntung 99 orang penumpang dalam penerbangan tersebut mendarat dengan selamat, tanpa kekurangan apa pun. Ada-ada saja ya!

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index