Demokrat Tak Menampik Koalisi Prabowo-AHY Bisa Terjadi di Pilpres 2019

Demokrat Tak Menampik Koalisi Prabowo-AHY Bisa Terjadi di Pilpres 2019
Foto : Internet

Riauaktual.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, mengatakan pada Pilpres 2019 tak tertutup kemungkinan pihaknya berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden.

Partai Gerindra sedianya akan mengusung Prabowo Subianto, sementara Partai Demokrat akan menjagokannya Agus Harimurti Yudhoyono.

"Dengan koalisi antara Partai Gerindra dan Demokrat lebih dari 20% (presidential threshold-nya). Sah-sah saja (berkoalisi) dan bisa terjadi," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Sesuai hasil rapat kerja nasional (Rakernas) di Lombok, Agus mengatakan Demokrat berkomitmen mengusung calonnya sendiri untuk berlaga di Pilpres 2019, baik sebagai capres ataupun cawapres.

Sementara peluang untuk berpasangan antara Prabowo-AHY, sejauh ini tidak tertutup kemungkinan bisa terjadi. Pasalnya, hingga kini Demokrat masih berkomunikasi dengan semua pihak dalam rangka menggalang kekuatan di pesta demokrasi lima tahunan mendatang.

"Prabowo masih firm mencalonkan diri sebagai presiden dan UU Pemilu bisa saja di-judicial review. Demokrat juga harus siapkan next leader ke depan. Sebab dalam rakernas di Lobok kami ingin mengusung dari Demokrat sendiri," terang Agus, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

‎Wakil Ketua DPR itu menambahkan, pada 2014 lalu perolehan suara Demokrat turun lantaran tak memiliki calon untuk dimajukan dalam Pilpres. Maka untuk Pilpres 2019 pihaknya berbenah, salah satunya dengan mendorong calon dari internal, di mana yang dijagokannya ialah AHY.

"(AHY dijagokan) jadi ini dorongan dari kader bawah ya, dari yang lain juga ada. Rasanya Indonesia kalau memiliki leader seperti ini akan baik, karena ia handal, masih muda, hebat dan cerdas," ujar Agus.

Ia menegaskan Partai Demokrat berupaya mengajukan calon yang terbaik dalam perhelatan Pilpres mendatang.‎ Karena itu, pihaknya masih mencairkan komunikasi dengan parpol-parpol lainnya.

Adapun terkait pertemuan antara Prabowo dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pihaknya ‎memastikan bahwa itu akan terjadi.

"Biasanya kalau sudah dicanangkan padtinya akan (jadi) ketemu‎," pungkas dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pertemuan antara Prabowo dan SBY akan dilangsungkan malam ini di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Pertemuan itu salah satunya akan membahas tentang Pemilu 2019.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index