Kondisi Rusunawa Yos Sudarso Masih Banyak Rusak, Penempatan Tak Jelas

Kondisi Rusunawa Yos Sudarso Masih Banyak Rusak, Penempatan Tak Jelas
(int)

Riauaktual.com - Akibat kondisi bangunan yang banyak rusak, sampai saat ini penempatan Rusunawa Yos Sudarso semakin tak jelas. Bahkan bangunan bantuan pemerintah pusat ini masih banyak kekurangan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru Mulyasman menyebut bahwa sebelum ditempati masyarakat, Rusunawa harus terlebih dahulu diperbaiki. Disamping itu, ketersedian listrik dan air juga perlu disediakan.

"Kita perbaiki dulu kekurangan. Air dan listrik. Lingkungannya juga seperti jalan masuk akan dipertinggi sekitar 80 cm," kata Mulyasman di Pekanbaru, Kamis (27/7).

Selain itu, atap yang bocor juga membuat Rusunawa itu belum layak untuk ditempati.

"Atap bangunan bocor dan ketersediaan listrik belum memadai," kata Mulyasman.

Menurut Mulyasman, Pemko Pekanbaru sendiri saat ini tidak memiliki dana untuk pemeliharaan. Tapi, menurutnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah sepakat akan mengucurkan bantuan dana pemeliharaan dan perbaikan Rusunawa tahun ini.

"Semua biaya perbaikan akan ditanggung oleh kementrian PUPR melalui pelaksana tekhnis Dinas PU provonsi," sebutnya.

Meski ada titik terang, Mulyasman juga belum mengetahui pasti berapa dana bantuan perbaikan dan pemeliharaan Rusunawa. Ia hanya memastikan perbaikan sudah dimulai tahun ini dan penempatannya bisa dilakukan tahun depan.

"Jumlahnya kita tidak tahu tapi mungkin bervariasi sesuai kebutuhan. Kita hanya menerima hasilnya saja," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index