Ekspektasi Vs Realitas, Ini Trik Minta Gaji untuk Fresh Graduate

Ekspektasi Vs Realitas, Ini Trik Minta Gaji untuk Fresh Graduate
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Kebanyakan mahasiswa menempatkan prioritas tinggi pada gaji. Bagi mahasiswa yang sebentar lagi menyandang gelar sarjana mungkin bertanya-tanya berapa tinggi nilai dari gelar Anda.

Hasil sebuah survei kepada lebih dari 3.000 mahasiswa, menunjukkan bahwa lebih dari 70% responden menjadikan gaji pertimbangan paling penting untuk pekerjaan pasca sarjana. Namun, realitanya kompensasi bagi lulusan baru sering tidak memenuhi harapan.

Sebuah studi lain mengungkapkan, setengah dari jumlah responden tersebut menerima gaji sesuai dengan ekspektasi mereka.

The National Association of Colleges and Employers (NACE) melakukan survei terhadap 243 manajer tentang tawaran gaji kepada lulusan baru. Hasilnya, manajer memberikan gaji tinggi bagi mereka yang mengenyam kuliah pada jurusan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Dari survei tersebut, karyawan yang digaji paling tinggi adalah mereka yang memiliki jurusan teknik, Ilmu komputer, dan Matematika dan Sains.

Sebaliknya, survei melaporkan jurusan dengan gaji terendah adalah jurusan berikut, Ilmu sosial, Komunikasi, dan Humaniora. Sehingga, pilihan jurusan memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan universitas yang akan Anda tuju.

Jika Anda menekuni bidang yang masuk dalam kategori tertinggi untuk permintaan karier, tentu akan mudah untuk mendapatkan apa yang Anda harapkan untuk gaji pertama.

Jika tidak, pasti akan ada peluang untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda dari waktu ke waktu. Memiliki gelar sarjana adalah peluang Anda mendapatkan lebih banyak. Gaji rata-rata untuk seseorang dengan gelar empat tahun tentunya lebih tinggi dua kali lipat dibanding seseorang yang tidak lulus dari SMA.

Kabar baiknya, sesuai dengan penelitian dari NACE, tahun 2017 ini perusahaan mempekerjakan lulusan baru lebih tinggi 5% dibandingkan tahun lalu. NACE juga melaporkan bahwa perusahaan mempekerjakan lebih banyak pekerja tahun ini, yang akan memberikan kesempatan untuk lulusan baru.

Melansir thebalance, ada beberapa hal yang harus diketahui fresh graduate dalam menentukan besaran gaji.

Persepsi vs Realita

Selain jumlah pekerja yang naik, gaji di semua kategori untuk 2017 diharapkan lebih tinggi daripada gaji 2016. Sehingga, akan membantu untuk mempersempit kesenjangan antara harapan dan kenyataan gaji oleh para lulusan baru. The Korn Feery studi memperkirakan peningkatan gaji sebesar 3% dibandingkan 2016.

Mendapatkan informasi gaji

Hal ini penting untuk dipertimbangkan bagi Anda yang baru saja lulus ataupun sudah berpengalaman adalah tentang informasi gaji. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, semakin mudah dalam bernegosiasi gaji.

Saat ini banyak sekali situs online yang menyediakan informasi tentang gaji, sehingga Anda tidak akan kesulitan.

Mempertimbangkan kompensasi Anda

Apa yang dapat Anda lakukan jika gaji yang Anda dapatkan saat ini tidak sesuai dengan ekspektasi Anda? Jika Anda sudah memiliki pengalaman dan keahlian, Anda mendapat hak untuk kenaikan gaji.

Sehingga, semakin dini Anda bersiap siap dengan mencari berbagai pengalaman maka semakin tinggi gaji Anda. Pastikan untuk menyertakan semua pengalaman Anda dalam resume, sehingga manajer dapat melihat bagaimana kualifikasi Anda.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index