Sulit Menabung ? Ayo Pelajari Tips ini

Sulit Menabung ? Ayo Pelajari Tips ini
ilustrasi

Riauaktual.com - Menabung adalah suatu kegiatan untuk menyimpan uang secara rutin untuk keperluan di waktu yang akan datang. Sepertinya tidak semua orang bisa menabung secara rutin, pasalnya setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing yang berbeda. Karena terjebak dengan kebutuhan membuat orang menjadi tidak terlalu suka dengan menabung. Alasan klasiknya adalah uang mereka tidak tersisa untuk ditabungkan. Menabung seharusnya memang dibiasakan agar dapat dilakukan secara rutin.

Banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi malas menabung. Biasanya, untuk mereka yang juga baru menjajaki dunia kerja dan mendapatkan gaji pertama, uang mereka bisa habis hanya karena kebutuhan dan kepentingan pribadi yang mungkin terlalu boros. Padahal menabung sebaiknya dilakukan sejak dini agar semakin dewasa kita semakin rajin untuk menabung. Membiasakan diri untuk menabung tidaklah sulit asalkan kita mau melakukanya.

Berikut ini ada 4 Tips mudah agar terbiasa untuk menabung :

1. Buatlah Tabungan Rencana

Tabungan Rencana disebut juga tabungan “Paksaan” yang merupakan salah satu progam tabungan yang umumnya dimiliki oleh Bank di Indonesia. Dikatakan “Paksa” karena tabungan ini akan menarik uang secara autodebet, untuk kemudian dipindahkan ke rekening tabungan rencana ini. coba tanyakan mengenai program tabungan rencana ini kepada pihak Bank pilihan. Jika tertarik, maka Anda bisa mulai menggunakan tabungan rencana ini.

2. Pilih Nominal Pecahan Uang Tertentu

Mungkin setelah Anda berkonsultasi dengan pihak Bank tentang Tabungan rencana, dan ternyata nilai minimal penarikan uangnya cukup besar nominalnya, maka Anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan menabung uang pecahan. Uang yang ditabungkan ini harus dalam bentuk pecahan tertentu, misalnya uang Rp20.000. Hal ini dilakukan untuk membuat Anda terbiasa, saat melihat uang Rp20.000 pasti yang terpikirkan adalah uang tersebut harus ditabungkan. Pecahannya bisa diatur sendiri tentunya.

3. Catat Daftar Rincian Pengeluaran

Agar mulai terbiasa menabung Anda harus rajin membuat daftar pengeluaran per hari. Tujuannya, Anda bisa melihat pengeluaran terbesar ada dalam kategori apa. Setelah melihat pengeluaran terbesar itu, barulah bisa memutuskan apakah akan menambah tabungan untuk kategori tersebut atau justru mengurangi pengeluaran. Misalnya saja, dalam daftar pengeluaran, terlihat kategori belanja cukup tinggi nilai kebutuhannya, maka Anda harus menambah tabungan untuk belanja atau menguranginya dengan cara mengorbankan kategori lain seperti mengurangi membeli pulsa internet.

4. Pisahkan Rekening Tabungan Pribadi dengan Rekening Lain

Ibaratkan tabungan-tabungan ini adalah seperti sebuah toples, Anda kemudian memasang label dari tiap toples tersebut. tulis yang mana untuk menabung, dan untuk keperluan lainnya seperti membayar utang atau pembayaran wajib setiap bulan. Begitulah seharusnya Anda membuat beberapa rekening tabungan, agar uang yang disimpan di dalamnya jelas dan terperinci khusus untuk kebutuhan tersebut. perbanyak menabung untuk investasi dan juga dana darurat akan lebih mengecilkan risiko kekurangan uang.

Niatkan Dalam Diri untuk Bisa Memaksimalkan Tabungan

Setelah mencoba beberapa tips diatas, mulailah untuk meluruskan niat dalam diri agar Anda bisa terus maksimal dalam menabung, dengan begitu niat dan aksi menabung yang Anda lakukan, lambat laun akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik tentunya. Jika tabungan kita lebih maksimal maka tidak sulit bagi kita untuk bisa mewujudkan apa yang diinginkan dengan lebih cepat.


Sumber : okezone

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index