4 Fakta Mengenai Narkoba Jenis Flakka

4 Fakta Mengenai Narkoba Jenis Flakka
Narkoba jenis Flakka

Riauaktual.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) memastikan narkoba jenis flakka sudah masuk ke Indonesia. Kepala BNN Komjen Budi Waseso menegaskan kepastian tersebut didapat berdasarkan hasil temuan di laboratoriun.

Beberapa video di media sosial tersebar bagaimana narkoba jenis flakka bisa memengaruhi si pemakai melakukan hal-hal yang agresif dan merasa kuat. Narkoba yang kabarnya berasal dari Cina itu disebut bisa membuat pemakai seperti layaknya zombie.

Mahasiswa Universitas Negeri Florida yang berusia 19 tahun menjadi korban dari pemakaian narkoba tersebut. Saat mengonsumsi narkoba tersebut, ia dikabarkan menikam pasangan yang sudah menikah sampai meninggal.

Bentuk Flakaa yang hampir mirip ddengan garam mandi itu memang bisa menyebabkan halusinasi, paranoid, dan psikosis yang mengerikan. Rollingstone melansir ada lima fakta mengenai Flakka yang perlu diketahui karena sangat membahayakan.

Apa itu Flakka?

Flakka merupakan narkoba yang mengandung zat pyrrolidinopentiophenone atau  PVP atau alpha-PVP. Awalnya, Flakka merupakan obat sintesis yang dibuat sejak 1960. Flakka terlihat seperti sebagai kristal putih atau pink dengan bau yang menyengat.


Seberapa kuat Flakka?

Seperti garam mandi, Flakka mensimulasikan efek kokain dan methamphetamine. Itu sebabnya narkoba tersebut sangat populer di kalangan orang dewasa hingga remaja. Direktur medis Center for Network Therapy Indra Cidambi mengatakan kegembiraan yang disebabkan oleh Flakka jauh lebih kuat daripada yang dirasakan seseorang dari obat alami seperti kokain.


Mengapa Flakka berbahaya?

Flakka diketahui akan terus melonjak pada suhu tubuh Anda 104 derajat. Suhu tubuh yang sangat tinggi dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau gagal ginjal, dan bahkan kematian. Flakka juga bisa meningkatkan tekanan darah hingga bisa menderita jantung, stroke, aneurisma, atau gagal jantung.


Seberapa kuat efek samping Flakka?

Cidambi menuturkan pemakai Flakka pada mulanya merasa gembira, bergairah, terangsang, lebih fokus, dan memiliki dorongan seks yang meningkat. Hanya saja banyak yang menyalahgunakan jenis narkoba itu dan akan mulai merasakan efek samping negatif.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index