Cara Buat Motor Lebih Irit Bahan Bakar Tanpa Perlu Keluar Uang Banyak

Cara Buat Motor Lebih Irit Bahan Bakar Tanpa Perlu Keluar Uang Banyak
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Hidup di kota besar yang kerap kali menghadapi kemacetan dan perjalanan yang jaraknya jauh membuat penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) lebih banyak.

Penggunaan BBM yang banyak akan memaksa para pengguna kendaraan merogoh kocek pengeluaran yang lebih besar lagi.

Agar pengeluaran tidak membengkak dan sesuai pengeluaran setiap bulannya, para pengguna kendaraan, khususnya kendaraan bermotor harus cerdik mengontrol pengeluaran BBM.

Ada enam cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran BBM sehari-hari.

1.    Cara Berkendara

Pengetahuan cara berkendara penting untuk menggapai efisiensi BBM maksimal. Setiap pengguna motor memiliki karakter berkendara yang berbeda-beda.  Untuk menghemat penggunaan BBM, pengendara harus mengendalikan kecepatan motor lebih stabil.

2.    Periksa Tekanan Ban

Salah satu faktor yang bisa membuat motor boros bahan bakar apabila tekanan angin pada roda motor kurang. Kurangnya tekanan angin membuat putaran roda berat dan laju motor jadi lebih lambat. Akibatnya bahan bakar dibutuhkan pun jadi lebih banyak.

3. Cek Kondisi Roda

Putaran roda yang berat atau tak presisi hanya akan membuat boros bahan bakar. Ini biasanya sering terjadi pada roda yang pelek atau “speleng”.

4. Pelumas berkualitas

Pemilihan pelumas yang berkualitas tentunya mempengaruhi performa motor. Pelumas berkualitas akan  membuat gesekan dalam mesin motor menjadi lebih halus, bisa mengurangi suhu panas mesin yang akhirnya membaut konsumsi bahan bakar lebih hemat.

5. Lakukan penggantian dan pembersihan busi

Perhatikan sumbu busi serta pengecekan pada busi apakah masih berfungsi normal atau telah mengalami penurunan kemampuan. Busi yang bermasalah memberi sumbangan bagi keborosan BBM. Tidak hanya membuat motor boros BBM, bahkan mesin motor pun kelak bisa rusak.

6. Perhatikan Kondisi dan Spesifikasi Kendaraan

Tak hanya memperhatikan cara berkendara, kondisi dan spesifikasi kendaraan juga mempengaruhi  bahan bakar minyak (BBM) maksimal.

Mengakomodasi kebutuhan masyarakat, khususnya kelas premium yang mengedepankan kecerdasan dalam berkendara, teknologi yang mampu membuat bahan bakar irit bisa dipilih.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index