Penumpang Bus TMP Kategori Pelajar Harus Gunakan Seragam Sekolah

Penumpang Bus TMP Kategori Pelajar Harus Gunakan Seragam Sekolah

Riauaktual.com - Keberadaan Trans Metro Pekanbaru (TMP) sudah dirasa sangat penting oleh masyarakat. Semua kalangan termasuk pelajar diharapkan dapat memanfaatkan transportasi umum yang disubsidi Pemerintah. Pemerintah Kota telah menetapkan harga karcis Bus TMP untuk masyarakat umum Rp 4 ribu dan Rp3 ribu untuk pelajar yang menggunakan seragam sekolah.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Aripin HR SH saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pengawasan Pengelola Angkutan Perkotaan PPAP, Wisnu Heryanto mulai memberikan aturan ketat soal klasifikasi penumpang tersebut. Ia berinisiatif membuat stiker yang ditempel di seluruh Bus TMP.

"Memang banyak yang mengenakan pakaian bebas tapi bayar karcis pelajar. Itu tidak bisa. Karena sesuai Perwako Nomor 87/2015 kategori pelajar itu yang mengenakan seragam," ujar Wisnu, kemarin.

Ia menceritakan beberapa kali Pramugara bus TMP mengeluhkan dengan kondisi tersebut. Karena selama ini masyarakat banyak yang tidak mengetahui bus TMP sendiri bisa berjalan karena disubsidi oleh pemerintah. "Kalau gak ditegaskan, ya tidak akan berjalan aturannya," tuturnya.

Wisnu Menjelaskan, untuk kalangan mahasiswa sendiri bisa mendapatkan harga karcis Rp3 ribu dengan menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa.

"Kalau mahasiswa memang berpakaian bebas. Tapi bisa tunjukan KTMnya. Jadi bisa beli karcis Rp3 ribu. Selain itu juga harus naik dan turun di depan kampus," pungkasnya. (Rr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index