Dicari, Kader Demokrat Paham Olahraga untuk Jadi Menpora!

Dicari, Kader Demokrat Paham Olahraga untuk Jadi Menpora!
Dicari, Kader Demokrat Paham Olahraga untuk Jadi M

JAKARTA (RA) - Partai Demokrat menyambut baik langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencari pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga dari partainya. Namun, orang yang terpilih sebagai Menpora diharapkan sudah mengerti tentang dunia olahraga dan kepemudaan.

"Persoalan yang jadi pengganti Andi bukan istimewa bagi kita. Kita sudah menyerahkan itu pada hak prerogatif Presiden. Sebelumnya, sudah saya sampaikan bahwa diharapkan Menpora dari Demokrat," ujar anggota Fraksi PD Max Sopacua, Jumat (4/1/2013), saat dihubungi wartawan.

Meski demikian, Max mengaku partainya belum menyiapkan nama untuk mengisi pos Menpora. Pengurus Demokrat, katanya, belum berbicara dengan Presiden SBY dan juga Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

"Siapa saja kita dukung. Itu pilihan SBY, meskipun jatah Demokrat," imbuh anggota Komisi I DPR tersebut.

Lebih lanjut, Max menilai pengisi pos Menpora selanjutnya lebih baik bukan orang baru di dunia olahraga atau pun kepemudaan. "PSSI saja tidak bisa dibenahi. Paling tidak orang yang mengerti olahraga dan pemuda. Tolak ukurnya paling tidak memiliki pengalaman kepemudaan," ucapnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, saat ini tidak ada rencana untuk melakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II. Presiden hanya akan mengisi posisi Menteri Pemuda dan Olahraga. Presiden mengatakan, dirinya perlu memberi penjelasan mengenai isu reshuffle agar ada kepastian bagi jajaran menteri. Hanya saja, Presiden tidak bisa menjamin apakah hingga 2014 tidak akan ada reshuffle. Presiden meminta seluruh menteri bekerja dengan baik.

"Yang jelas pada titik ini tidak ada reshuffle," kata Presiden saat jumpa pers di pinggir dermaga.

Presiden memastikan pengganti Menpora berasal dari Partai Demokrat untuk memenuhi komposisi menteri yang berasal dari parpol koalisi. Dengan demikian, menurut Presiden, akan memenuhi rasa keadilan bagi Demokrat lantaran posisi Menpora sebelumnya diisi Andi Alfian Mallarangeng, kader Demokrat.

Kepastian itu disampaikan Presiden untuk meluruskan pemberitaan mengenai posisi Menpora belakangan ini. Banyak tokoh yang disebut masuk dalam daftar calon Menpora, baik berasal dari Demokrat, parpol yang tergabung dalam koalisi pemerintahan maupun oposisi, maupun kalangan profesional.

Sumber: Kompas
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index