Diskan Rohil Imbau Nelayan Urus Asuransi

Diskan Rohil Imbau Nelayan Urus Asuransi
nelayan di Rohil

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Perikanan (Diskan) menghimbau para nelayan perikanan tangkap untuk mengurus asuransi. Pasalnya, dari 15.000 nelayan perikanan tangkap yang ada dirohil sejauh ini yang mengurus asuransi baru sekitar 3.000 Nelayan.

"Kita sudah terus melakukan sosialisasi kepada para nelayan baik melalui UPT diskan yang ada dikecamatan maupun dari pihak diskan sendiri saat menyerahkan berbagai bantuan kepada nelayan. Namun sampai saat ini yang mengurus asuransi jumlahnya baru sekitar 3.000 orang," kata Kadiskan Rohil, M Amin Spi, Kamis (13/7) di Bagansiapiapi.

Amin mengatakan, Asuransi itu sangat berguna bagi para nelayan saat melaut. Apabila nelayan itu mengalami musibah dan meninggal dunia, maka pemerintah akan memberikan santunan kepada pihak keluarganya. Program ini salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada para nelayan melalui kementria kelautan perikanan (KKP) Republik indonesia (RI).

"Jika misalkan ada nelayan meninggal saat menangkap ikan dilautan maka akan diberikan santunan sebesar Rp200 Juta. Akan tetapi jika nelayan itu meninggal tidak sedang melaut juga diberikan santunan sebesar Rp100 Juta," ujar Amin.

Sejauh ini terang Amin para nelayan enggan menguruskan asuransinya. Padahal kartu asuransi itu sangat bermanfaat jika terjadi musibah.

"Kemaren ada nelayan yang meninggal dikecamatan sinaboi, akan tetapi tidak mengurus asuransi. Nah, nelayan tersebut tentunya tidak bisa diberikan santunan oleh pemerintah," katanya.

Untuk itu pihaknya sekali lagi menghimbau kepada seluruh nelayan tangkap agar menyempatkan waktu untuk mengurus asuransinya. "mengurus asuranasi tidak bayar alias gratis, kalaupun nelayan itu mengeluarkan biaya hanyalah biaya foto copy dan lain sebagainya. Yang jelas pengurusan asuransi gratis, Ayo urus segera," pungkasnya. (Rr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index