Perkuat Ukuah Islamiah, Bupati Halal Bi Halal Bersama Warga Rangsang Barat

Perkuat Ukuah Islamiah, Bupati Halal Bi Halal Bersama Warga Rangsang Barat

Riauaktual.com - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengikuti Halal Bi Halal bersama masyarakat Kecamatan Rangsang Barat, kegiatan dalam rangka mempererat tali silahturahmi dan pembersihan diri sempena Syawal 1438 H, dipusatkan di Halaman Kantor Camat, Desa Bantar, Kamis (20/7).

Turut mendampingi Bupati Kalaksa BPBD Meranti Edy Afrizal, Kepala Dinas Pendidikan H. Ismail Arsyad, Kepala BLH Meranti Irmansyah, Kakan Kesbangpol Ahmad Yani, Kabag Ortal, Kapolsek Rangsang Barat, Tokoh masyarakat/agama/adat dan ratusan masyarakat Rangsang Barat, serta Investor dari Malaysia.

Dalam kesempatan itu Camat Rangsang Barat Said Zamhur mewakili masyarakat, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Drs. H. Irwan M.Si yang ditengah kesibukannya menjalankan tugas negara tetap menyempatkan diri untuk ber Halal Bi Halal bersama masyarakat.

Dijelaskan Camat, kedatangan Bupati sudah sangat dinanti-nanti masyarakat karena kedatangan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu selalu membawa manfaat dalam menggesa pembangunan di Rangsang Barat. Sejauh ini berbagai pembangunan infrastruktur terus digesa seperti Jalan poros dari Desa Bokor - Kayu Ara yang sudah mencapai 90 persen, pembangunan Roro sudah 60 persen, selain itu pembangunan Batu Penahan Ombak di Desa Permai yang jika ditotal alokasi anggaran pembangunan di Kecamatan Rangsang Barat mencapai 30 Miliar lebih.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Pak Bupati atas prioritas pembangunan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Rangsang Barat," ucap Camat.

Tokoh masyarakat H. Sahbandi senada dengan Camat juga mengucapkan terima kasih seraya mendoakan Bupati dapat berbuat lebih baik lagi untuk Kecamatan Rangsang.

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan mendorong kegiatan Halal Bi Halal ini dalat terus dilaksanakan karena dapat merekat silahturahmi dan memberikan kemuliaan kepada setiap orang yang menghadiri majelis tersebut.

"Ketika melangkahkan kaki ke majelis ilmu maka derajat kita akan ditinggikan oleh Allah 10 kali begitu juga kemuliaan dan kita semua akan terhindar dari hal-hal yang buruk, jika silahturahmi ini sering dilakukan masyarakat maka jika ada hal yang tidak sinkron dan tidak pas maka ketika berjabat tangan akan dapat diselesaikan," jelas Bupati.

Sempena Syawal 1438 H, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Bupati mengucapkan mohon maaf lahir Bathin kepada seluruh lapisan masyarakat.

"semoga melalui moment Syawal ini kita dapat saling mengiklaskan dan memaafkan," ucapnya.

Lebih jauh dikatakan Bupati dalam era yang semakin maju saat ini media sosial bisa menyajikan informasi yang sangat cepat dan dapat diakses dibelahan dunia manapun. Intinya informasi tidak bisa ditutup turupi lagi. Untuk itu bagi aparatur pemerintahan dan sebagai pejabat publik diminta untuk menjalankan tugas sebaik baiknya.

"Kita ini ibaratkan ikan dalam Aquarium artinya apapun yang dilakukan seketika dapat diketahui oleh masyarakat oleh karena itu jalani tugas dengan sebaik-baiknya," paparnya.

Ditengah tekanan rendahnya APBD saat ini Pemda Meranti ditegaskan Bupati tetap memperkerjakan 4 ribu lebih tenaga honorer dan menganggarkan 120 Miliar untuk membayar gajinya. Komitmen pemerintah ini dalam rangka meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat ditengah sulitnya mencari pekerjaan di Meranti.

"Kita akan tetap memperkerjakan 4 ribuan tenaga honorer daerah, tidak seperti Kabupaten lainnya yang terpaksa merumahkan honorernya," jelas Bupati.

Ditambahkan Bupati, Kabupaten Meranti sangat terkait dengan aktifitas ekonomi di Malaysia, terbukti banyaknya masyarakat yang bekerja dan berdagang di Malaysia dan barang-barang kebutuhan pokok yang masuk dari negara tetangga tersebut. Namun ditengah ketergantungan itu banyak barang-barang kebutuhan masyarakat yang masuk dari Malaysia acapkali ditangkapi.

Saat ini dikatakan Bupati, dirinya sedang memperjuangkan perdagangan lintas batas dengan melobi pemerintah pusat agar Meranti dapat fasilitas khusus dalam hal perdagangan lintas batas. "Saya akan terus memperjuangakan kepentingan masyarakat ini ditingkat pusat," janji Bupati.

Bupati menyadari Meranti sebagai daerah perkebunan dan pertanian butuh jalan yang baik untuk mempermudah akses barang hasil pertanian dan orang. Untuk itu Pemda Meranti akan terus menggesa bagaimana jalan jalan di Rangsang baik dan lebar.

"Apalagi jika mengangkut orang yang sedang sakit, jika jalan rusak maka akan menimbulkan masalah, jika dalam proyek pembangunan jalan ditemui lahan atau kelapa masyarakat yang terkena pelebaran dalam rangka melancarkan proses pembangunan kalo bisa diikhlaskan," harap Bupati.

Sekedar informasi hingga akhir tahun ini jalan di Desa Sendaur akan ditembuskan di Kayu Ara, selanjutnya menuntaskan jalan Peranggas ke Bokor. "Doakan semoga pembangunan berjakan lencar agar bisa dinikmati masyarakat," ucap Bupati.

Untuk memudahkan penyeberangan di Pecah Buyung sedang dilakukan juga proyek pembangun Roro yang dilanjutkan dengan pembangunan jalan disekitarnya, agar mobil yang membawa hasil pertanian dari desa desa dapat dengan mudah melalui.

Akhir kata dengan semakin besarnya anggaran Desa, Bupati meminta kepada Kepala Desa dapat membangun jalan Desa. Karena Dinas PU di Kabupaten lebih fokus untuk membangun proyek-proyek besar.

"Semoga dengan pesatnya pembangunan yang dilaksanakan angka kemiskinan Meranti yang awalnya mencapai 43 persen dan dalam kurun waktu 5 tahun berhasil ditekan menjadi 30 persen dan dapat semakin turun dimasa-masa yang akan dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Sempena Syawal 1438 H dalam kegiatan Halal Bi Halal tersebut, Bupati Drs. H. Irwan M.Si secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh lapisan masyarakat Rangsang. Kegiatan ditutup dengan saling salam-salaman antara jajaran Pemda Meranti dengan masyarakat. (rif)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index