Bukti Komitmen, Bupati Irwan Resmikan Pemakaian Puskesmas Tebing Tinggi Timur Sekaligus Halal Bi Hal

Bukti Komitmen, Bupati Irwan Resmikan Pemakaian Puskesmas Tebing Tinggi Timur Sekaligus Halal Bi Hal

Riauaktual.com - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si meresmikan pemakaian Puskesmas Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur, kegiatan peresmian Puskemas yang dikemas dengan Halal Bi Halal dengan masyarakat itu dipusatkan dihalaman Puskesmas Sungai Tohor, Selasa kemarin.

Turut hadir dalam Halal Bi Halal itu, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Asisten II Sekdakab. Meranti H. Anwar Zainal, Staf Ahli M. Arif, Kadiskes Meranti Irwan Suwandi, Kadis PU Hariyandi dan sejumlah pejabat Eselon II dan III lainnya.

Dengan peresmian pemakaian Puskesmas Sungai Tohor itu dikatakan Bupati Drs. H. Irwan M.Si, diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Sekedar informasi, pembangunan Puskemas Tebing Tinggi Timur yang sangat representatif, merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. Puskesmas ini dibangun dengan menggunakan anggaran APBD murni sebesar 3 Miliar lebih. Fasilitas pelayanan di Puskemas yang terdiri dari dua gedung layaknya rumah sakit ini pun tergolong lengkap mulai dari ruang rawat inap, ruang bersalin, Apotek dengan tenaga perawat bidang dan seorang dokter.

Demi memaksimalkan pelayanan kesehatan dan menekan angka pengangguran diwilayah itu, Bupati juga mengitruksikan Kepala Dinas Kesehatan melakukan perekrutan kurang lebih 10 tenaga kesehatan lulusan sekolah perawat yang berasal dari putra putri tempatan untuk ditempatkan di Puskesmas.

"Agar pelayanan kesehatan semakin baik saya minta Dinas Kesehatan untuk melakukan penerimaan pegawai kontrak dan menamping kesehatan untuk ditempatkan di Puskemas dan 10 orang saya minta dari warga tempatan," ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati pembangunan Puskemas ini merupakan satu dari sekian pembangunan infrastruktur yang telah dibantu oleh Pemda Kabupaten untuk membangun Kecamatan termuda di Kabupaten Meranti ini.

Baru baru ini Pemda Kabupaten telah mengupayakan pelimpahan Hutan Desa yang selama ini diperjuangkan masyarakat Tebing Tinggi Timur sudah diterima SK-nya dan saat ini sedang dalam tahap pengelolaan. Selain itu penyerahan tanaman kehidupan dari PT. NSP seluas 1100 Ha yang sudah menjadi hak watga dan siap dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Untuk pembangunan infrastruktur, telah dibangun jalan poros yang menghubungkan Desa Lukun-Sungai Tohor, Gedung Puskesmas Sungai Tohor, Pelabuhan di Desa Tanjung Gadai, Pembangunan Fasilitas Air Bersih dna sudah dapat dinikmati masyarakat, pembangunan jaringan listrik diwilayah Sungai Tohor, Nipah Sendanu, Darul Ikhsan dan lainnya.

Dihadapan para tokoh masyarakat dikatakan Bupati, Pemkab. Meranti akan terus membangun dari Kota hingga kepelosok Desa. Dan yang menjadi perhatian dirinya saat ini adalah jalan yang berada di Sungai Tohor, sebagai ibu kota Kecamatan, jalan di Sungai Tohor dinilai belum representatif untuk itu ia meminta Dinas PU untuk melakukan pelebaran hingga 20 meter. Dan untuk melancarkan proses pembangunan jalan ini Bupati meminta kerjasama masyarakat khususnya warga yang tanahnya terkena pelebaran jalan.

Dan untuk memudahkan akses lalu lintas barang dan orang, Bupati juga menginginkan penuntasan pembangunan jembatan penghubung Sungai Tohor Kiri-Sungai Tohor Barat sehingga dapat terhubung ke ibu kota.

"Agar semua berjalan sukses diperlukan kerjasama semua pihak, baik kontraktor, pemerintah dan masyarakat dalam rangka mengawasi semua proyek pembangunan agar berjalan sesuai harapan," ucap Bupati.

Khusus untuk kontraktor yang mendapat proyek, Bupati mengingatkan agar mengerjakannya dengan baik jangan hanya memikirkan besarnya untung lantas proyek dibangun asal asalan.

"Kasihan masyarakat tidak bisa menikmati dengan maksimal, saya ingin kontraktor membangun jalan dengan baik, apalagi yang mendapat kegiatan adalah kontraktor lokal kasihan saudara saudara kita sendiri," harap Bupati.

Seraya mencontohkan dan mengapresiasi pembangunan jalan di Meranti Bunting - Teluk Belitung yang sangat memuaskan, selain itu juga di Bokor-Kayu Ara yang kualitasnya sangat bagus.

Pada kesempatan itu Camat Tebing Tinggi Timur Tunjiarto Spd MM, mengucapkan terima kasih atas berbagai prioritas pembangunan yang dilaksanakan di wilayahnya, salah satunya Puskesmas yang sangat representatif tersebut. Ia berharap berbagai program pembangunan infratruktur di Kecamatan termuda itu tak berhenti dan kalau bisa lebih digencarkan lagi.

"Riau khususnya Meranti butuh pemimpin yang tanguh yang mampu membangun negeri, dan kami lihat sosok Bupati masuk dalam kategori itu," papar Camat Tebing Tinggi Timur.

Hal senada juga ditegaskan oleh tokoh masyarakat Drs.Kantan Haduat menurutnya sosok Bupati Irwan Nasir sangat cocok diusung menjadi calon Gubernur Riau 2018 mendatang, karena memiliki kompetensi membangun negeri.

"Jika Pak Bupati mencalonkan diri menjadi Gubernur kami siap mendukung, semoga pencalonan Pak Bupati berjalan lancar," harapnya.

Dalam kegiatan yang dikemas dengan acara Halal Bi Halal bersama masyarakat disempena buoan Syawal 1438 H tersebut, tak lupa Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten mengucapkan mohon maaf lahir bathin kepada seluruh lapisan masyarakat, kegiatan ditutup dengan saling salam-salaman antara masyarakat Tebing Tinggi Timur dengan Bupati dan jajaran.

Dan kepada mahasiswa KKN dari UIN Susqa, UNRI dan Universitas Gadjah Mada, yang kebetulan sedang melakukan kukiah kerja nyata di Sungai Tohor, Bupati mengucapkan terima kasih seraya berpesan untuk menjadikan kegiatan itu sebagai proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan diri "banyak hal dan pelajaran yang dapat ditarik hikmahnya. Praktekan ilmu pengetahun yng didapat dibangku kuliah untuk pencerahan masyarakat dan bagi masyarakat saya menitipkan mahasiswa ini untuk dibimbing semoga dapat menjadi bekal bagi mereka kembali kekampungnya masing masing. (rif)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index