Selain Meningkatkan Peluang Hamil, Berhenti Minum Pil KB Bisa Bangkitkan Libido

Selain Meningkatkan Peluang Hamil, Berhenti Minum Pil KB Bisa Bangkitkan Libido
Ilustrasi (Foto: Sexyfoodtherapy)

Riauaktual.com - PIL KB adalah alat kontrasepsi yang sering dipilih oleh kebanyakan orang untuk mencegah kehamilan. Pada beberapa orang, minum pil KB hanya digunakan dalam jangka waktu tertentu. Berhenti mengonsumsi pil KB ternyata bisa membawa perubahan pada tubuh.

Perubahan dalam tubuh tentunya bisa membawa kekhawatiran. Tapi, apabila Anda sudah terlebih dahulu mengetahuinya, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikan diri. Dikutip dari Bustle, Kamis (20/7/2017), inilah beberapa perubahan pada tubuh bila berhenti mengonsumsi pil KB;

Kecemasan

Ketika Anda memutuskan untuk mengonsumsi pil KB, mungkin Anda akan merasa lebih tenang. Hal itu dikarenakan pil KB mengurangi kadar estrogen dalam tubuh. Jika Anda berhenti mengonsumsi pil KB, otomatis kadar estrogen meningkat kembali. Hal itu bisa menyebabkan kecemasan dan membuat Anda tidak nyaman.

Menstruasi kembali normal

Beberapa perempuan yang mengonsumsi pil KB mungkin bisa kehilangan siklus menstruasinya selama beberapa bulan. Walau begitu, pil KB juga bisa membuat siklus menstruasi lebih teratur dan lebih ringan dibanding sebelumnya. Berhenti mengonsumsi pil KB bisa mengembalikan siklus menstruasi normal kembali atau ke tahap awal sebelum mengonsumsi pil KB. Jadi, selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda agar lebih tepat.

Menstruasi lebih berat

Pil KB bisa membantu siklus menstruasi lebih teratur, lebih singkat, dan kram perut tidak terlalu sakit. Berhenti mengonsumsi pil KB bisa membuat periode menstruasi Anda lebih lama, lebih banyak darah yang keluar, dan kram perut yang lebih sakit. Jadi, segala sesuatunya harus Anda pertimbangkan dengan baik ya.

Menaikkan gairah

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi pil KB bisa membuat libido menjadi rendah? Berhenti menggunakannya bisa membuat libido Anda meningkat, sehingga Anda lebih bergairah kepada pasangan.

Lebih banyak berkeringat

Pil KB ternyata bisa mengurangi jumlah keringat yang dikeluarkan tubuh. Kemungkinan, saat Anda berhenti mengonsumsinya, Anda lebih banyak berkeringat. Jadi, jangan heran jika tubuh Anda lebih mengeluarkan banyak keringat setelah berhenti minum pil KB.

Kehamilan

Hal yang terakhir ini mungkin saja terjadi ketika Anda berhenti mengonsumsi pil KB karena lebih bergairah. Beberapa perempuan biasanya memutuskan untuk berhenti mengonsumsi pil KB karena ingin memiliki anak.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index