Catat! Ini Tanda-tanda Seseorang Akan Bunuh Diri

Catat! Ini Tanda-tanda Seseorang Akan Bunuh Diri
Ilustrasi depresi hingga ingin bunuh diri (Foto: Thinkstock)

Riauaktual.com - Sebelum terlambat, ada tanda-tanda yang bisa dicurigai dari seseorang yang memiliki kecenderungan melakukan bunuh diri. Tanda-tanda seperti apa yang dimaksud?

dr Tun Kurniasih Bastaman, SpKJ(K) mengungkapkan, kecenderungan bunuh diri biasanya diawali dari depresi.

Depresi ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam, bahkan umumnya sulit untuk dihibur. dr Tun mengatakan, yang bersangkutan biasanya juga hilang minat akan suatu hal, malas bergaul, cenderung menarik diri dari kehidupan sosial.

Pada sebagian orang juga terlihat sulit berkonsentrasi, dan pola berpikirnya menjadi lambat ataupun malah buntu.

"Kalau ditanya, orang tersebut mungkin sudah berpikir atau cari informasi tentang cara-cara bunuh diri, semisal gantung diri, minum racun, minum obat tidur, dsb," ungkapnya sebagaimana dikutip dari detikHealth, hari ini.

Ditambahkan psikiater dari RS Jiwa Dr Soeharto Heerdjan Jakarta, dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, biasanya terjadi perubahan pada perasaan, pikiran dan perilaku (3P) yang mengarah ke depresi, minimal selama dua minggu berturut-turut.

"Jadi ada pikiran pesimiskah misalnya, atau apakah ada perasaan sedih yang berkepanjangan sampai 2 minggu, nangis, terus merasa masa depannya suram, tidak ada harapan, dsb," paparnya dalam kesempatan terpisah.

Perubahan juga bisa terlihat ketika pelaku yang sebelumnya rajin bekerja, mendadak menjadi malas dan sering bolos atau lebih banyak mengurung diri. Bisa juga yang biasanya ceria menjadi pendiam.

Wanita yang akrab disapa Noriyu itu menjelaskan, pemantauan membutuhkan waktu selama dua minggu untuk memastikan ada tidaknya kecenderungan depresi pada yang bersangkutan. Tetapi Noriyu memastikan, ini hanyalah patokan untuk keluarga atau orang-orang terdekat saja.

"Selanjutnya akan dinilai ciri-ciri untuk diagnosisnya sama dokter, ini ada kriteria diagnosisnya tersendiri, sedangkan 3P itu hanya patokan untuk keluarga," imbuhnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index