Begini Progres Kajian Pemindahan Ibu Kota

Begini Progres Kajian Pemindahan Ibu Kota
Foto: Noval/detikcom

Riauaktual.com - Kajian pemindahan ibu kota masih dilanjutkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setidaknya sudah ada tiga kota yang dikaji sangat dalam sebagai calon ibu kota.

Demikianlah diungkapkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu kemarin.

Ada beberapa komponen yang dikaji. Dalam kelompok pertama, yaitu dari sisi topografi, hidrologi hingga kemungkinan daerah akan terkena bencana seperti gempa bumi dan lainnya. Kelompok kedua adalah ketersediaan lahan.

"Ketersediaan lahan kita lihat apakah ada lahan hutan di sana yang bisa dikonversi, bagaimana pemilikan lahan. Apakah lahan-lahan itu telah diberikan hak, misalnya, apa HGU (Hak Guna Usaha) atau tanah industri, kita harus lihat," ujarnya.

Lahan memang menjadi persoalan yang cukup sulit. Sehingga sampai sekarang belum ada keputusan dari pemerintah. "Karena kan harus ada basis lahan pertama, itu. Itu belum ada keputusan di mana," imbuhnya.

Sofyan tidak menapik adanya kemungkinan pembukaan lahan hutan. Ia pun menilai hal tersebut tidak masalah. "Lahan kan selalu dibuka kan, apakah untuk kebun atau untuk kota," tegasnya.
Baca juga: 300.000 Ha Lahan di Palangka Raya Disiapkan Jadi Ibu Kota Baru
Pada kesempatan yang sama, Menko Perekonomian Darmin Nasution menuturkan rencana pemindahan ibu kota akan diputuskan lewat rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi.

"Itu nanti ada ratas saja saya kira," kata Darmin.


Sumber : detikFinance

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index