Prodi Pendidikan Agama Islam UIR Raih Akreditasi A

Prodi Pendidikan Agama Islam UIR Raih Akreditasi A

Riauaktual.com - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (UIR), Universitas Islam Riau (UIR) meraih peringkat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Prodi Pendidikan Agama Islam UIR menjadi satu satunya yang meraih Akreditasi A di wilayah Kopertais XII yang meliputi Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Rektor Universitas Islam Riau, Prof. Dr. Syafrinaldi, SH., MCL, raihan peringkat Akreditasi A pada Prodi Pendidikan Agama Islam tersebut menambah jumlah Program Studi di UIR yang meraih Akreditasi A menjadi lima Prodi.

Sebelumnya prodi yang mendapat Akreditasi A adalah Prodi Strata satu (S1) Hukum dan Prodi Strata Dua (S2) Hukum pada Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan prodi Akroteknologi di Fakultas Pertanian UIR.

"Ini suatu kebanggaan bagi UIR. Dengan raihan akreditasi A pada Prodi Pendidikan Agama Islam maka sudah ada lima prodi di UIR ini yang mendapat nilai Akreditasi A," ungkap Syafrinaldi kepada wartawan, Selasa (18/7).

Dari 39 prodi jenjang S1, S2 dan D3 di lingkungan UIR sudah terkareditasi BAN PT dengan nilai A dan B. Sementara terdapat beberapa prodi yang mendapat nilai Akreditasi C karenana Prodi tersebut masih merupakan prodi baru, yang secara otomatis mendapat nilai Akreditasi C.

Rektor UIR mengharapkan, raihan Akreditasi A pada prodi Pendidikan Agama Islam, menjadi cambuk bagi prodi prodi lain yang ada di UIR untuk mendapatkan Akreditasi.

"Kita harapkan prodi yang akan habis masa berlaku akreditasinya terpicu semangatnya agar mendapat peringkat akreditasi A juga. Sehingga visi kita menjadi unggul 2020 itu tercapai," kata Rektor UIR Syafrinaldi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Zulkifli, MM., ME.Sy, menyatakan syukurnya atas prestasi Prodi Pendidikan Agama Islam tersebut. Ia juga mengapresiasikan kerja keras tim penyusun borang yang dianggapkan sudah bekerja keras.

"Ini merupakan hasil kerja keras dari kawan-kawan di prodi, fakultas dan universitas. Kita berharap kawan kawan kita yang lain juga kedepannya bisa mendapatkan akreditasi A pula," katanya.

Dengan raihan Akreditasi A tersebut, dikatakan Zulkifli, akan semakin memperbaiki citra Fakultas Agama Islam bagi dunia internasional. Selama ini, mahasiswa-mahasiswa internasional seperti dari Thailand dan Malaysia mayoritas memilih kuliah di FAI.

"Hari ini mayoritas mahasiswa asing yang jumlahnya seratus lebih memilih jurusan di FAI. Dengan Akreditasi A ini, maka akan menjadi nilai jual untuk menarik lebih banyak lagi mahasiswa asing ke UIR," katanya.

Zulkifli juga menambahkan bahwa Agustus nanti akan lahir dua prodi baru di FAI, yakni Prodi Perbankan Syariah dan Pendidikan Bahasa Arab. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index