Riau Tertinggi Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Riau Tertinggi Kasus Kekerasan Terhadap Anak
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Provinsi Riau menjadi tuan rumah penyelenggaraan puncak Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli mendatang.

Acara yang dibesut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini memilih Riau karena menjadi salah satu provinsi tertinggi ditemukan kasus kekerasan terhadap anak.

Menurut Menteri PPPA Yohana Yembise, masih banyak masalah anak yang menikah di usia muda dan juga kasus trafficking. Selain itu akta kelahiran bayi masih rendah dan kekerasan banyak terjadi di sana.

"Tahun ini acaranya di Pekanbaru. Nanti tahun depan rencananya di Ambon," ujar Yohana di Jakarta, Senin kemarin.

Tema yang diangkat yakni 'Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga'. Yohana menjelaskan tema dilatarbelakangi perlunya kesadaran keluarga Indonesia untuk mengasuh anak.

Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak.

"Baik buruknya keluarga akan menjadi cerminan bagi masa depan. Baik buruknya karakter anak sangat ditentukan oleh pola pengasuhan yang diberikan oleh keluarganya dan lingkungan terdekatnya," ujar Yohana dimuat jpnn.com.

Dalam acara nanti, Yohana menyebutkan, selain deklarasi, Kementerian PPPA juga akan memberikan sejumlah penghargaan terhadap kabupaten, lembaga, praktisi, dan anak Indonesia.

Anugerah diberikan pada pemda yang miliki komitmen kuat bangun wilayahnya ramah anak, kota layak anak.

Penghargaan lainnya pada institusi dan perorangan pemenuhan hak anak, anak yang terpadu berbasis pada masyarakat.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index