Kalau mau Mutasi, Pemko Pekanbaru Diminta Pilih Orang yang Berkompeten

Kalau mau Mutasi, Pemko Pekanbaru Diminta Pilih Orang yang Berkompeten
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Terkait keinginan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang akan melakukan mutasi secara besar-besaran terhadap pejabat di lingkungannya mendapat tanggapan dari kalangan DPRD Kota Pekanbaru.

Seperti dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Hotman Sitompul yang mewanti-wanti dan meminta Pemko Pekanbaru agar dapat memilih dan menunjuk orang-orang yang memiliki kompeten yang mampu menjabarkan setiap visi misi Walikota nantinya.

"Tentunya dalam melakukan mutasi hendaknya dilakukan melalui fit and propertes, dengan itu dapat diketahui rencana yang akan dibuat kedepannya. Dengan menunjuk dan menempatkan pejabat hendaknya harus sesuai dengan kompetensinya, karena setiap satker harus mengacu pada visi misi Walikota, bukan visi misi dari dinas atau satkernya sendiri," ucap Hotman Sitompul, Selasa (18/7).

Hotman juga mengungkapkan bahwa pada prinsipnya mutasi untuk menentukan orang-orang yang ditempatkan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah kewenangan hak birokrasi Walikota.

"Tidak menutup kemungkinan yang perubahan dan perbaikan di lingkungan Pemko bisa dilakukan pada sistem ataupun indivudunya saja. Jadi tidak ada pantangan untuk mencapai suatu tujuan mulai dari sistem, orang dengan dana yang tersedia. Soal siap yang nantinya direkrut dari dari dalam ataupun luar, tentunya harus memiliki kopentensi dalam bekerja. Namun jika nantinya dari luar adaptasi lingkungan tentunya kita rasa tidak begitu lama dan tidak menjadi permasalahan," ucapnya.

Namun disamping itu semua, politisi PDIP ini juga menegaskan perlu adanya komitmen dari setiap pejabat untuk mampu membawa perubahan serta meningkatkan kinerja dalam ruang lingkup dilingkungan kerjanya. Menurutnya lagi, dengan sistem lelang jabatan, setiap pejabat yang ikut harus mampu dan dapat menawarkan visi misi yang bagus.

"Makanya ini harus sejalan dan searah dengan visi misi Pemko. Pada prinsipnya jika ada perombakan dan perubahan kita menilai ini tidak menjadi masalah yang penting tujuannya sama, namun kita tidak inginkan untuk balas jasa, ini harus benar-benar konsisten. Pimpinan tentunya akan memilih orang-orang yang kompeten, masyarakat dan DPRD tentunya juga bisa menilai terhadap kinerja dari pejabat-bejabat yang akan mengisi jabatan nantinya," pungkasnya. (nto)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index