Raih Medali Emas di ICHO Thailand, Siswa SMAN 8 Pekanbaru ini Harumkan Nama Riau

Raih Medali Emas di ICHO Thailand, Siswa SMAN 8 Pekanbaru ini Harumkan Nama Riau

Riauaktual.com - Siswa SMAN 8 Pekanbaru, Dean Fanggohans yang mewakili Indonesia di Internasional Chemistry Olympiad (ICHO) ke 49 Chiangmai Thailand berhasil meraih medali emas. Tidak hanya membuat bangga sekolah, ia juga mengharumkan nama Indonesia dan Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, siswa kita berhasil meraih medali emas di Internasional Chemistry Olympiad (ICHO) Chiangmai Thailand," kata Wakasek Human SMAN 8 Pekanbaru Darmina, Senin (17/7/2017).

Sebelum meraih medali Internasional Chemistry Olympiad (ICHO) Chiangmai Thailand, kata Darmina, Dean meraih segudang prestasi diantaranya juara Cerdas Cermat Chemistry Championship UIN Suska Riau tingkat Provinsi, juara 1 tes tertulis olimpiade kimia se Riau, juara harapan 1 tes Oktan ITB tingkat nasional, medali emas tes tertulis.

Mipa Expo UR Tingkat Provinsi, juara 1 tes tertulis Olimpiade Kimia Indonesia (OKI) Hima UI tingkat nasional, juara 1 lomba Ki Hajar Dewantara tingkat nasional, medali emas di OSN di Pelembang.

Selain Dean Fanggohans siswa Riau yang masuk tim Indonesia, masih ada tiga siswa lainnya yang mewakili Indonesia di Olimpade Kimia tingkat dunia. Tiga siswa tersebut yakni Mario Lorenzo dari SMAK Penabur Gading Serpong, Ridho Setiyawan dari SMAN 1 Tambunan dan Fahmi Naufal Rizki dari SMA Kharisma Bangsa.

"Kita patut bangga pada prestasi Dean yang berhasil meraih medali emas, tidak hanya nama mengharumkan nama Riau tapi juga Indonesia dimata dunia," ujar Darmina.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengakui bahwa prestasi ini sangat luar biasa dan membanggakan. Prestasi yang diraih Dean tidak hanya membanggakan dirinya dan SMA 8, namun juga seluruh masyarakat Riau.

"Saya mengapresiasi Dean, beserta guru dan teman-temannya yang mendukung Dean hingga meraih prestasi seperti sekarang ini," ujar gubernur saat hadir pada kegiatan Upacara Bendera di sekolah tersebut serta menyambut kepulangan Dean.

Menurut gubernur, apa yang diraih Dean hari ini merupakan hasil kerja kerasnya. Karena ini tidak pertama kali ia mengikuti kejuatan tersebut. "Mudah-mudahan Dean bisa jadi motivasi bagi yang lain," sebutnya.

Andi juga berpesan kepada seluruh siswa SMA 8 untuk memanfaatkan masa SMA sebaik-baiknya. Ia berpesan agar di masa SMA ini untuk menyibukkan diri dengan hal-hal positif. "Tidak hanya belajar di sekolah, sibukkan diri dengan kegiatan ekstrakurikuler, hobi yang positif, serta taat beribadah," ujarnya.

Andi juga mengajak masyarakat untuk menjauhi hal-hal negatif. Seperti tidak mencoba narkoba, pergaulan bebas, dan lainnya. "Perilaku buruk tersebut sangat tidak baik, kasihan orang tua yang menyekolahkan kita," sebutnya. (Dr)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index