Disbud Riau Gelar Lomba Cerdas-Cermat Berhadiah Puluhan Juta

Disbud Riau Gelar Lomba Cerdas-Cermat Berhadiah Puluhan Juta
ilustrasi (int)

Riauaktual.com -  Dinas Kebudayaan (Disbud) Riau menggelar Lomba Cerdas Cermat tingkat SLTP se- kabupaten/kota yang memperebutkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah.

Kepala Disbud Riau Yoserizal Zein mengatakan, lomba cerdas cermat khusus mengenai materi kebiudayaan ini digelar mulai tanggal 13 hingga 15 Juli 2017 mendatang. Diikuti oleh 12 perwakilan kabupaten/kota di Riau

"Hadiah bagi pemenangnya memang cukup besar. Dengan total hadiag Rp63 juta,"katanya.

Untuk juara I mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp17 juta, juara II sebesar Rp14 juta, juara III Rp11 juta. Kemudian, juara harapan I sebesar Rp9 juta, harapan II sebesar Rp7 juta dan harapan III sebesar Rp5 juta.

Yose menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para pelajar sebagai generasi muda untuk lebih mencintai budaya. Terutama memahami Budaya Melayu.

"Generasi muda harus ebih kepada pemahaman Riau memiliki visi-misi sebagai pusat Kebudayaan Melayu. Untuk meraih itu semua, harus ada serapan yang harus dilalui bagi generasi muda dengan mencintai unsur kebudayaan itu sendiri yakni, nilai, tradisi, artefak dan sebagainya,"beber Plt Kepala BPKAD Riau itu.

Sementara Ketua Panitia Sri Mekka yang juga Kepala UPT Museum Dang Nila Utama mengharapkan, dengan adanya lomba ini dapat juga lebih membangkitkan semangat pelajar untuk mengunjungi museum.

"Karena kita mengetahui, minat pelajar untuk mengunjungi museum itu masih kurang. Nah, dengan momen ini kita harapkan motivasi mereka akan semakin tinggi,"harapnya.

Untuk dketahui, Kabupaten Pelalawan telah dua kali menjuarai lomba ini. Kali ini, kontingen lain berupaya keluar sebagai yang terbaik. (nor)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index