Sekdakab. Meranti Siap Tampung Aspirasi Guru Kemenag Soal Honor

Sekdakab. Meranti Siap Tampung Aspirasi Guru Kemenag Soal Honor

Riauaktual.com - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM yang didampingi Asisten I Sekdakab. Meranti Azza Fahroni dan Wakapolres Meranti Kompol. Wawan, menerima perwakilan guru Kemenag yang berunjukrasa damai di Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Kamis pagi (13/7).

Perwakilan perunjukrasa dipimpin oleh tokoh masyarakat Ramlan, dan belasan guru Honor Kemenag, diterima diruang Melati Kantor Bupati.

Dalam pertemuan itu, diutarakan beberapa aspirasi Guru Kemenag, diantaranya mempertanyakan realisasi honor Guru Kemenag yang telah dianggarkan dalam APBD Meranti 2017. Terjadinya Rasionalisasi anggaran sehingga mengurangi kemampuan Pemda untuk membayarkan honor Guru Kemenag. Dan Regulasi yang menghambat disalurkannya dana Hibah untuk pembayaran gaji Guru honorer Kemenag.

Menyikapi aspirasi tersebut, Sekretaris Daerah Yulian Norwis berjanji akan menampung seluruh apirasi yang disampaikan perwakilan perunjukrasa ia berjanji atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan memberikan solusi terbaik terkait pembayaran honor Guru Kemenag tersebut.

Menurutnya, apa yang terjadi saat ini sama sekali bukan keinginan Pemda, tetapi memang disebabkan kemampuan keuangan Pemda yang tidak memungkinkan. Dan hal itu terjadi sejak tahun 2016 hingga 2017 saat ini, dimana terjadinya pengurangan dana APBD yang memaksa Pemda melakukan rasionalisasi anggaran.

Perlu dipahami oleh perunjukrasa, honor guru Kemenang pada dasarnya merupakan kebijakan dari Pemda untuk membantu para guru agama dalam menjalankan tugasnya. Pembayaran gaji honor bukan menjadi kewajiban tetapi disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemda itu sendiri.

Namun meski begitu Sekretaris Daerah Yulian Norwis akan tetap mengupayakan pembayaran honor Guru Kemenag, dengan syarat sesuai dengan kemampuan keuangan Pemda.

Selain itu juga, agar pembayaran gaji guru honor Kemenag tepat sasaran diperlukan juga verifikasi data untuk menghasilkan data yang valid dari jumlah guru honor Kemenag tersebut. Karena dari data yang masuk ke Pemda jumlah guru honor Kemenag ini tiap tahun terus bertambah dan dikawatirkan jumlah guru honorer Kemenag yang ada saat ini sudah tidak proporsional lagi dengan jumlah murid yang diajar.

Ditegaskan Sekda Pemda Kepulauan Meranti akan mengupayakan pembayaran gaji guru honor Kemenag menyangkut hal itu pula akan dibicarakan dengan tim Banggar DPRD Kepulauan Meranti tepatnya Senin depan (17/7) nanti untuk mendapatkan solusi kongkrit perihal pembayaran gaji guru agama tersebut.

Sampai pertemuan itu dilaksanakan, Wakil Ketua DPRD Meranti Taufikurahman dan H. Muzamil yang juga menerima perunjukrasa di gedung DPRD Meranti, meminta perunjukrasa untuk bersabar dahulu sambil menunggu Pemerintah dan Legislatif mencari solusi terbaik menyelesaikan masalah itu. (rr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index