Pemilihan Datuk Penghulu Serentak, Bupati Buka Rakor Pelaksanaan Pildatuk

Pemilihan Datuk Penghulu Serentak, Bupati Buka Rakor Pelaksanaan Pildatuk

Riauaktual.com - Bupati Rokan Hi lir H Suyatno secara resmi membuka Rakor Pelaksanaan Pemilihan Datuk penghulu (Kades) serentak Tahap II Tahun 2017 bertempat di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Kamis (13/7).

Rakor yang diikuti oleh oleh Penghulu,BPKeb, Camat dan panitia dari instansi terkait turut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan, Wakil Bupati Djamaluddin, Sekda rohil H Surya Arfan, Dandim dan kapolres Rohil.Rakor Pelaksanaan Pemilihan Datuk penghulu Serentak Tahap II Tahun 2017 ini akan digelar di 101 Kepenghuluan.

Dalam arahan Bupati PILKADES ini harus dilaksanakan pada tahun 2017 ini, kendati keuangan daerah morat marit,karena ini untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan pembangunan daerah Rohil.

"Kami berupaya dengan pak Sekda, DPRD juga berdiskusi bagai mana Pilkades serentak ini harus kita laksanakan," kata H Suyatno.

Menurut bupati dan ini menjadi pemikirannya, ada diantara desa atau Kepenghuluan tidak melaporkan atau mengajukan permintaan dana dan bupati bertanya apa sebabnya. Akibat dari ini Bupati merasa bahwa masyarakat akan menyalahkan Pemerintah daerah.

"Bagaimana Pemerintah daerah ini, kayaknya tak beres. Padahal pengajuan dari desa bersangkutan tidak disampaikan, sementara desa bersangkutan sangat membutuhkan, dan kita jangan salah menyalahkan," tanya bupati.

Ditegaskan bupati bahwa semua itu harus menjadi perhatian dan tanggung jawab Camat setempat. "Perintahkan datuk penghulu itu, dan kenapa dibiarkan. Kita minta jajaran di desa itu untuk menjaga kekompakan agar pembangunan di Desa itu dapat dijalankan dengan baik," pinta Suyatno.

Dalam hal ini Bupati enggan untuk menyebutkan Kepenghuluan di Kecamatan mana, alasan bupati takut panjang ceritanya. Namun bupati minta semuanya harus menjaga kekompkan untuk melaksanakan pembangunan di desa, agar seluruhnya berjalan sesuai harapan masyarakat.

Sementara itu Kepala Badan PMD Rokan Hilir H Jasrianto menyebutkan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan pemilihan datuk kepenghuluan sebanyak 68 Kepenghuluan dan hingga saat ini sudah dilantik. Sementara 101 Kepenghuluan dipimpin oleh PJ Kepenghuluan pejabatnya PNS dan kemarin telah berakhir jabatannya.

Rakor tersebut secara teknis dipimpin langsung oleh Sekda Rohil H Surya Arfan dalam hal memantapkan tahapan yang telah disusun diantaranya pembentukan panitia pengawas, panitia pemilihan,sosialisasi pemilihan datuk penghulu, pendataan pemilih, dan tahapan lainnya hingga hari H pemilihan yang ditetapkan 6 Desember 2017 mendatang," tutupnya. (Zai)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index