Viral, Beli Tiket Lion Air via Traveloka Refund Secara Misterius

Viral, Beli Tiket Lion Air via Traveloka Refund Secara Misterius
Bukti-bukti yang diunggah akun Fyra Sahrir (Ist)

Riauaktual.com - Status media sosial akun Fyra Sahrir yang diunggah pada 9 Juli 2017 malam, jadi viral. Status tersebut berisi tulisan panjang mengenai pengalaman mengecewakan membeli tiket pesawat Lion Air melalui situs Traveloka. Status ini disertai foto e-tiket dan konfirmasi dari pihak Traveloka.

Tulisan panjang akun Fyra menunjukkan kekecewaan yang begitu dalam pada pihak Lion Air maupun Traveloka. Pasalnya, tiket pulang pergi (PP) Makassar-Balikpapan-Makassar yang dibeli untuk orangtuanya, tidak bisa dipakai karena sudah berstatus refund. Padahal, Fyra merasa tak pernah merefund tiket tersebut.

Berikut status akun Fyra:

Hati-hati Beli Tiket Lion Air via Traveloka, Bisa di Refund Sembarang Orang

 
Tulisan ini sekedar sharing agar tidak ada lagi yang mengalami hal yang serupa. Siapa tau dengan adanya tulisan ini ada yang bisa share pengalaman yang sama dan bagaimana menyelesaikannya.


Tanggal 6 Juli 2017 pagi, saya membeli tiket Makassar - Balikpapan - Makassar via Traveloka. Untuk perjalanan tanggal 8 Juli dan 11 Juli 2017. Dari Traveloka kami membeli tiket maskapai Lion Air. Tiket tersebut saya belikan untuk Bapak dan Ibu yang akan menghadiri resepsi pernikahan adik saya di Samarinda.


Tanggal 8 Juli 2017

Pukul 11.00 Wita siang Bapak sudah berangkat dari Takalar, berdua mengendarai motor, yang berjarak sekitar 37 km dari Makassar. Mereka sangat bersemangat siang itu. Padahal pesawatnya baru boarding malam. Tak lupa mereka membawa kue tradisional (baje) yang sengaja dibuat khusus sehari sebelumnya. Saya yang masih menghadiri halal bi halal bersama teman terpaksa pulang lebih cepat. Tidak menyangka mereka datang jam segini.

 
Pukul 5 sore kami berangkat ke Bandara dari rumah. Sengaja shalat magrib di jalan karena takut telat.


Pukul 6.15 check in di bandara dan betapa kagetnya ketika pihak Lion Air menginformasikan tiket mereka sudah di-refund. Bagaimana mungkin saya me-refund tiket perjalanan orang tua untuk menghadiri pernikahan adik saya???

 
Saat itu juga saya protes ke pihak maskapai Lion Air karena merasa tak pernah melakukan refund. Bukannya membantu, pihak Lion Air malah terkesan tidak peduli. Mereka tetap ngotot bahwa tiket itu sudah di-refund. Dan mereka meminta kami memastikan ke pihak traveloka.

 
Saya pun menghubungi CS traveloka. Informasi yang kami dapatkan bahwa di sistem traveloka, tiket tersebut masih aktif dan tidak terjadi refund.

 
Kami kembali melayangkan protes ke pihak Lion Air di Bandara. Tetapi sekali lagi mereka tidak koperatif. Tetap teguh mengatakan bahwa di sistemnya, tiket orang tua saya sudah di-refund oleh seseorang bernama Linda pada pukul 1 siang tadi.

 
Linda? Siapa lagi itu? Bukankah proses refund itu tak mudah? Harus sesuai nama yang pesan? Mengapa si "Linda" ini bisa seenaknya me-refund tiket orang tua saya dan pihak Lion Air meng-approve-nya? Kami pun bertanya ke pihak Lion Air siapa si Linda itu. Malah mereka dengan seenaknya menjawab "Ibu saja tidak tau siapa Linda, apalagi saya?" Jawaban yang makin membuat kami emosi jiwa.

 
Sekali lagi kami minta konfirmasi Traveloka untuk kasus ini. Tetapi mereka tetap tidak cukup membantu. Mereka tetap kekeh menyampaikan tiket yang kami beli tidak pernah di-refund. Dan mereka tidak mengenal siapa Linda itu. Mereka hanya mengatakan akan melakukan investigasi ke pihak maskapai Lion Air tetapi pada hari senin nanti.

 
Dari beberapa kali pingpong antara Traveloka dan Lion Air, kami tidak juga mendapatkan solusi yang membantu. Melalui email Traveloka menyarankan untuk membeli tiket kembali dengan dana pribadi. Tetapi kami mengatakan saat ini kami tak punya dana lagi.

 
Diantara kekalutan dan kerempongan yang mengesalkan itu saya melihat ke arah Bapak. Dia sudah terduduk lemas bersama kopernya. Tertunduk pasrah. Dan meminta kami menghentikan saja protes yang membuat emosi kami hampir sampai di ubun-ubun itu. Beliau menyampaikan ikhlas uang 4 juta yang beliau pinjam itu hangus begitu saja. Dan akan membayarnya saat gaji 13 nanti cair.

 
Kami pun menelpon adik di Samarinda. Memohon maaf karena Bapak dan Ibu tidak dapat menghadiri resepsi pernikahannya. Dari mertuanya kami tahu, disana dia menangis. Bapak hanya tertunduk. Berusaha menyembunyikan air matanya yang tak sanggup di tahannya juga.

 
Malam itu juga orang tua kami langsung balik ke Takalar. Mereka menolak tawaran kami untuk menginap di Makassar. Berapa kali kami menawarkan menginap, sebanyak itu juga mereka menolak. Mereka tetap ingin pulang ke Takalar malam itu juga saat waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam. Pulang dengan rasa kekecawaan luar biasa.

 
Saya tidak peduli lagi mengenai siapa yang salah. Entah itu pihak Traveloka ataupun pihak Lion Air. Tapi rasa kecewa yang mendalam ini tak bisa tergantikan dengan sekedar jumlah materi. Kekecewaan saya sebagai orang yang mengurus pembelian tiket untuk Bapak. Kekecewaan Bapak yang tidak bisa melihat resepsi pernikahan anaknya. Kekecewaan adik saya yang tidak didampingi satupun keluarganya pada resepsi pernikahannya. Rasa kecewa yang membuat kami menangis dalam diam. Menyembunyikan tetesan air mata antara satu dan yang lain, yang sama-sama kecewa, agar tidak makin melukai. Rasa kecewa yang mungkin tidak akan dipahami bagi yang tidak mengalaminya. Termasuk pihak Traveloka dan Lion Air yang sangat melukai kami.


bantu kami dengan share status ini agar sampai ke pihak-pihak terkait

Hingga siang ini, status akun Fyra Sahrir ini sudah dishare oleh dari 23 ribu kali dengan jumlah komentar mencapai 6.000.



Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index